Home / Metro Palangka Raya

Senin, 19 Juli 2021 - 22:23 WIB

Mantan Camat di Katingan Ditahan Kejati Kalteng

IST- Mantan Camat saat ditahan di Kejati Kalteng.

IST- Mantan Camat saat ditahan di Kejati Kalteng.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Mantan Camat Katingan Hulu Kabupaten Katingan berinisial H ditahan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalteng.

Ia ditahan karena sebelumnya telah resmi ditetapkan tersangka dalam kasus dugaan penyalahgunaan wewenang jabatan atas pengganggaran dana APBdes 11 desa untuk pembangunan jalan tembus sepanjang 43 kilometer pada tahun 2020 lalu. .

Asisten Pidana Khusus Kejati Kalteng Douglas Pamino Nainggolan mengatakan, kasus ini berawal saat tersangka pada 2020 merencanakan pembangunan jalan tembus yang melintasi 11 desa dengan panjang 43 kilometer.

Baca Juga :  Begini Kronologis Kecelakaan di Sungai Sebangau

Tersangka ini kemudian meminta kepada 11 desa yang dilintasi jalan agar menganggarkan dana dalam APBDesnya masing-masing untuk merealisasikan pembangunan jalan tembus tersebut.

“Saat itu sebanyak 11 desa diundang oleh tersangka untuk menganggarkan dana masing-masing bervariasi, dari Rp 200 juta hingga Rp 500 juta pada tahun 2020, sehingga total terkumpul Rp 2 miliar,”ungkap Douglas Pamino kepada awak media, Senin (19/7).

Kasus dugaan penyalahgunaan wewenang jabatan ini lanjut dia, di laporkan ke Kejati Kalteng. Menyikapi ini, penyidik melakukan penyelidikan dan menetapkan oknum mantan camat tersebut sebagai tersangka. Sehingga dilakukan penahanan selama 20 hari ke depan di Rutan Palangka Raya.

Baca Juga :  Waduh!! Menolak Dirazia, PSK Mahir Mahar Nekat Melawan Polisi

“Tersangka melakukan perbuatan ini bekerjasama dengan oknum berinisial HA. HA ini selaku pihak ketiga yang melaksanakan pekerjaan jalan tersebut. Namun dalam perjalananya uang yang dikumpulkan ini tidak digunakan sebagaimana mestinya, karena pembangunan jalan tidak ada peningkatan atau perubahan,”ujar Douglas.(as/hm)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Dewan Apresiasi Kesiapan Polda Kalteng dalam Pengamanan Pemilu 2019

Metro Palangka Raya

Tiga TPS di Kalteng Gelar Pemungutan Suara Ulang

Metro Palangka Raya

Ngebut, Siswa SMA Katingan Tewas Usai Menabrak Mobil

Metro Palangka Raya

Pemuda yang Mendoakan Palangka Raya Terjadi Bencana Diciduk Polisi

Metro Palangka Raya

Kalteng Trade Expo Tahun 2020 Siap Digelar

Metro Palangka Raya

Palangka Raya Berkobar, 13 Rumah dan 4 Barak Hangus Terbakar

Metro Palangka Raya

KPU Kalteng Bakal Gelar Rekapitulasi dengan Prokes Ketat

Metro Palangka Raya

Dua Spesialis Pencuri Ponsel Diringkus Polisi