Home / DPRD Provinsi Kalteng

Rabu, 21 Juli 2021 - 15:14 WIB

Dewan Dorong Pengembangan Budidaya Madu Kelulut

Jajaran Komisi II DPRD Kalteng, pada saat meninjau budi daya madu kelulut. Foto : Ra

Jajaran Komisi II DPRD Kalteng, pada saat meninjau budi daya madu kelulut. Foto : Ra

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Jajaran Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), meninjau secara langsung budidaya madu kelulut, di UPT-KPHP Katingan Hulu, Kabupaten Katingan, guna mendorong pengembangan budi daya madu kelulut, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Diharapkan keberadaan UPT-KPHP Katingan Hulu, Kabupaten Katingan ini dapat membawa dampak positif bagi masyatakat. Baik dalam pengelolaan sektor perkayuan, rotan termasuk budidaya madu kelulut,” kata Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Lohing Simon, Rabu (21/7/2021).

Lebih lanjut Politikus PDI Perjuangan ini menilai, budidaya madu kelulut memiliki potensi yang besar untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Pasalnya hingga saat ini, para peminat madu kelulut sangat tinggi.

Baca Juga :  Pemprov Diminta Perhatikan Persiapan PON

“Sekarang ini kan madu kelulut ini lagi trending, karena masyarakat mencari untuk meningkatkan imun tubuh. Apalagi sekarang harganya juga cukup tinggi, saya rasa ini bisa meningkatkan pendapatan masyarakat,” ucapnya.

Di sisi lain, Kepala UPT-KPHP Katingan Hulu, Kabupaten Katingan, Kristianto menjelaskan, kawasan hutan di wilayahnya memiliki potensi yang cukup banyak, seperti kayu, rotan, tengkawang, angrek hitam, kantong semar, rusa, beruang madu, madu kelulut hingga potensi ekowisata air terjun.

Untuk itu, pihaknya saat ini tengah melakukan pemberdayaan masyarakat setempat (PMS), untuk mengelola hasil hutan. Salah satunya pelatihan budidaya madu kelulut dan membentuk rumah kreatif.

Baca Juga :  Nilai Jual Tanah KONI dan Dispora Masuk Dalam Penyertaan Modal PT Bank Kalteng

“Potensi budi daya madu kelulut sangat menjanjikan hasil yang sangat bagus, saat ini budidaya madu kelulut hanya ada di Kalampangan, Kota Palangka Raya, Buntok, Kabupaten Barito Selatan, dan Kabupaten Katingan,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini budi daya madu kelulut telah ada di delapan kecamatan di Kabupaten Katingan, dengan harapan kedepan Kabupaten Katingan dapat menjadi sentra madu kelulut.

“Tentunya kami terus berupaya agar dapat memaksimalkan budi daya madu kelulut ini. Tentu juga dengan adanya bantuan dari pemerintah, diharapkan dapat lebih meningkatkan hasil produksi madu kelulut,” pungkasnya. (Ra)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Jalan Sampit-Kuala Pembuang Segera Diperbaiki

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Dukung Transformasi Polri

DPRD Provinsi Kalteng

Gunakan Aset Daerah Untuk Tambahan Ruang Isolasi Covid-19

DPRD Provinsi Kalteng

AMP Kalteng Tolak Pemekaran Provinsi Kotawaringin

DPRD Provinsi Kalteng

Petani di Kapuas Harapkan Pupuk Bersubsidi

DPRD Provinsi Kalteng

Pemprov Diminta Perhatikan Kebutuhan Guru SMK

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Dukung Upaya Gubernur Berantas Korupsi

DPRD Provinsi Kalteng

DPRD Kota Banjarmasin Kembali Studi Banding ke DPRD Kalteng