Home / DPRD Kota

Kamis, 1 Juli 2021 - 16:31 WIB

Dewan Dorong Pembinaan UMKM Sektor Perikanan

Wakil Ketua II Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Arthur Aproissi Tuwan

Wakil Ketua II Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Arthur Aproissi Tuwan

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Wakil Ketua II Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Arthur Aproissi Tuwan mendorong Pemerintah Kota (Pemko), agar dapat terus melakukan pembinaan, pemberdayaan dan pendampingan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya di sektor perikanan secara berkelanjutan.

“Jika bercermin dengan sistem pengelolaan UMKM sektor perikanan di Kota Sampit,  Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim)  Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), yang sangat baik untuk diadopsi, karena pola yang telah diterapkan sangat menginspirasi dan layak untuk dicontoh,” kata Arthur, Kamis (1/7/2021).

Lebih lanjut Anggota Fraksi Partai Demokrat ini mengatakan, pembinaan pemberdayaan dan pendampingan kepada UMKM sektor perikanan, yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten tetangga tersebut sangat menginspirasi. Terlebih, para pelaku usaha perikanan, yang berada di daerah hulu dapat menyuplai kebutuhan bahan dasar, bagi para pelaku usaha perikanan yang ada di daerah hilir. Kemudian dengan memanfaatkan pasokan bahan dasar ikan, selanjutnya para pelaku usaha perikanan di daerah hilir mengolahnya sedemikian rupa hingga produk-produk olahan tersebut, kini menjadi ikon daerah Kabupaten Kotawaringin Timur.

Baca Juga :  Turut Berduka Gempa NTB, Dewan Kota Gelar Doa Bersama dan Nyalakan Ribuan Lilin

“Kami berharap, dengan melakukan pembinaan, pemberdayaan dan pendampingan secara berkelanjutan maka para pelaku UMKM perikanan di Kota Palangka Raya, akan semakin kreatif dan memiliki inovasi dalam mengembangkan usaha perikanannya,” ucapnya.

Baca Juga :  Dewan Kota Dukung Peningkatan Target PAD Disektor Pajak

Dirinya meyakini, jika para pelaku UMKM di Kota Cantik ini, dapat memberikan inovasi-inovasi baru, yang nantinya dapat menjadi ciri khas dari Kota Palangka Raya.

“Bukan tak mungkin jika hasil produk olahan dari para pelaku UMKM kita, akan semakin bervariasi sekaligus itu juga dapat menjadi ikon kuliner di ibu kota Provinsi Kalteng ini,” tuturnya.

Untuk itu dirinya berharap, hal ini dilakukan dengan membangun sinergitas antara pemerintah Kota Palangka Raya melalui SOPD terkait, para pelaku usaha dan pemangku kepentingan lainnya. Sehingga akan memberikan semangat dan motivasi bagi para pelaku usaha perikanan di Kota Palangka Raya. (Ra)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Perlu Kajian Teknis Akurat untuk Atasi Banjir

DPRD Kota

Warga Marang Inginkan Pembangunan Jembatan

DPRD Kota

Dewan Harapkan Pemko Akomodir Pemuda Dalam Berwirausaha

DPRD Kota

Dewan Kota Dukung Penyekatan Pasar Besar

DPRD Kota

Dewan Minta Pemko Perhatikan TSAK

DPRD Kota

Dewan Komitmen Perjuangan Perda Karhutla

DPRD Kota

Evaluasi Simulasi PTM Terbatas Harus Cermat

DPRD Kota

Dewan Dorong Peran Forkopimda Agar Diperkuat