Home / Metro Palangka Raya

Kamis, 29 Juli 2021 - 13:06 WIB

Tiga Pelaku Karhutla Diringkus Polisi

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Palangka Raya, menangkap tiga orang pelaku tindak pidana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Palangka Raya.

Ketiga orang pelaku tersebut berinisial AS (29), MS (20) dan T (38). Mereka membakar lahan di kawasan Jalan Trans Kalimantan Km 23,4, Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sebangau, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah,  pada tanggal 26 Juli 2021 lalu, sekitar pukul 09.00 WIB.

Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri, mengatakan, ketiganya membakar lahan di kawasan tanah gambut dengan kedalaman bervariasi, ditumbuhi pohon-pohon kecil jenis Garanggang Tumih serta vegetasi tanaman lainnya berupa semak dan rerumputan.

Berdasarkan kronologi yang dipaparkan, pada awalnya para pelaku membersihkan lahan tersebut dengan menebas pohon-pohon kecil pada awal Bulan Juli Tahun 2021, yang mana lahan tersebut akan digunakan untuk menanam Talas Beneng.

Baca Juga :  BNNP Kalteng Musnahkan 3 Kg Sabu Dipasok dari Luar Negeri

Kemudian, pada tanggal 24 Juli 2021 para pelaku pun mengumpulkan bekas tebasannya yang telah mengering dengan membuat 30 tumpukan berjarak masing-masing 50 Meter, untuk selanjutnya berencana dibakar.

“Kemudian tanggal 26 Juli 2021 sekitar pukul 09.00 WIB, para pelaku pun membakar tumpukan tersebut dengan menggunakan korek api gas, yang mana saat itu cuaca sangat panas dan berangin sehingga membuat api bakaran cepat membesar,”ungkal Jaladri.

Akibat perbuatan tersebut, terjadilah karhutla seluas 150 x 300 meter dari luas keseluruhan lahan yakni sekitar 6 Hektare, yang membuat para pelaku panik dan mencoba memadamkannya menggunakan alat pompa air (alkon).

Baca Juga :  Tolak Transmigrasi Baru, ADB Geruduk Kantor Disnakertran Kalteng 

Besarnya api yang ditimbulkan dari kabakaran tersebut tidak mampu untuk dipadamkan oleh para pelaku, hingga pada tanggal 27 Juli 2021 sekitar pukul 04.00 WIB karhutla pun berhasil dipadamkan oleh para petugas dari Manggala Agni.

“Saat ini ketiga pelaku bersama barang bukti telah diamankan di Mapolresta Palangka Raya, yang terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan rapid test antigen dan dinyatakan negatif atau non-reaktif Covid-19,” ujar Jaladri.

Ketiga pelaku terancam dikenakan Pasal 187 KUH-Pidana, yang menyatakan barang siapa dengan sengaja menimbulkan kebakaran, ledakan atau banjir, maka ia akan diancam dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun. (as)

Share :

Baca Juga

Metro Palangka Raya

Ngebut, Siswa SMA Katingan Tewas Usai Menabrak Mobil

Metro Palangka Raya

Tergiur Upah Rp 10 Juta, Bos Travel Nekat Jadi Kurir Sabu

Metro Palangka Raya

Truk Bermuatan Puya dan Pikap Terjaring Razia Cipkon

Metro Palangka Raya

Wali Kota Palangka Raya Fairid Nafarin Positif Covid-19

Metro Palangka Raya

KNPI Kota Palangka Raya Bakal Gelar Rapimda

Metro Palangka Raya

Waspada, Aksi Kejahatan Diberi Tanda Coretan Masuk Kota Palangka Raya

Metro Palangka Raya

KPOP Palangka Raya Santuni Korban Jambret

Metro Palangka Raya

Pelaku Curat dan Pembobol Rumah Kosong Tumbang Didor Polisi
error: Content is protected !!