Home / Metro Palangka Raya

Selasa, 8 Juni 2021 - 20:02 WIB

Tipu Warga, Oknum ASN Diringkus Polisi

Pelaku saat diamankan di Mapolda Kalteng, Selasa (8/6).

Pelaku saat diamankan di Mapolda Kalteng, Selasa (8/6).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Seorang aparatur negeri sipil (ASN) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng berinisial Y (45) hanya bisa pasrah saat digelandang ke Mapolda Kalteng. Ia ditangkap karena melakukan penipuan terhadap salah seorang warga berinisial JP (28) dengan modus menjanjikan bisa meloloskan korban menjadi CPNS. Ulah pelaku ini berhasil memperdaya uang korban mencapai Rp 68 juta.

Direskrimum Polda Kalteng Kombes Pol Budi Hariyanto melalui Ps Kanit Subdit Kamenag AKP Ancas Arta mengatakan, kasus penipuan ini terungkap bermula saat korban dikenalkan oleh salah seorang keluarganya kepada pelaku, yang menyebut pelaku bisa menguruskan korban masuk menjadi CPNS, dengan tahap awal dijanjikan menjadi tenaga honorer terlebih dahulu di pemerintahan.

Baca Juga :  Teler Usai Nyabu, Warga Panarung Diringkus Polisi 

Untuk bisa menjadi honorer ini, korban harus menyetor uang senilai Rp 5 juta. Namun beberapa bulan kemudian janji pelaku ini tak kunjung terwujud. Untuk menutupi kejahatannya, pelaku kemudian menawarkan kembali kepada korban agar menjadi CPNS, 2019/2020 tanpa ikut tes CPNS dengan syarat harus membayar sejumlah uang.

“Tergiur dengan iming-iming pelaku ini, korban pun bersedia memberikan uang secara bertahap hingga total mencapai Rp.68 juta. Setelah beberapa bulan kemudian, janji pelaku juga tak bisa direalisasikan. Sehingga korban menuntut pelaku untuk mengembalikan uangnya,”ungkap Ancas kepada awak media, Selasa (8/6/2021).

Baca Juga :  Edan, Pencuri Bawa Kabur Celana Dalam dan HP Mahasiswi

Saat dituntut korban, pelaku tak bersedia mengembalikan uang korban sehingga kasus dilaporkan ke Mapolda Kalteng. Menindaklanjuti laporan ini, pihaknya kemudian melakukan penyelidikan dan menangkap oknum pelakunya.

“Dari hasil pemeriksaan diketahui, bahwa korbannya sebenarnya tidak hanya satu orang, melainkan ada yang lain,, hanya saat itu pelaku mengembalikan uang korbannya. Sehingga kasus sebelumnya berakhir damai,”tandas Ancas. (as/hm)

Share :

Baca Juga

Metro Palangka Raya

Depresi, Pemuda Gagal Bunuh Diri

Metro Palangka Raya

Dua Pengedar Sabu Palangka Raya Disergap Polisi

Metro Palangka Raya

Kios di Jalan RTA Milono Diamuk Jago Merah 

Metro Palangka Raya

UPR Diharapkan Bisa Berkontribusi Membangun Kalteng

Metro Palangka Raya

Ditinggal Salat Subuh, Sepeda Motor Raib Digasak Maling

Metro Palangka Raya

Mau kabur Sejenak ke Hutan? Rainforest: Live kembali lagi!

Metro Palangka Raya

Jual Miras Oplosan, Kakek Berusia 75 Tahun Diciduk Polisi 

Metro Palangka Raya

FBIM Kalteng Mulai ‘Go Internasional’
error: Content is protected !!