Home / Pemko Palangka Raya

Senin, 21 Juni 2021 - 15:24 WIB

Relokasi Warga Solusi Kurangi Wilayah Kumuh

Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin (tengah).

Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin (tengah).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan, relokasi warga menjadi salah satu solusi untuk mengurangi wilayah kumuh di Kota Cantik.

Salah satunya di kawasan Rindang Banua, Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut, yang selama ini meminta untuk memiliki kepastian tempat tinggal yang jelas dan lahan bagus serta status wilayah administrasinya jelas, yang disampaikan melalui Musrenbang Kecamatan.

“Selama ini warga Puntun mengeluh, karena kawasan tempat tinggal mereka saat ini masih berstatus sewa. Makanya Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya diharap dapat membantu memfasilitasi relokasi,” katanya, usai meninjau secara langsung lahan rencana relokasi beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga :  Hendrikus Resmi Jabat Kepala BPBD Palangka Raya

Lebih lanjut dijelaskan, berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan, para warga menyampaikan jika lokasi lahan yang berada di sekitaran belakang Bandara Tjilik Riwut cukup menjanjikan untuk pemukiman warga.

Bahkan, berdasarkan penataan ruang, kawasan lahan tersebut memang direncanakan untuk pengembangan hortikultura dan perikanan.

”Artinya, kawasan itu cocok saja, karena ada beberapa kelompok tani yang sudah mengembangkan hortikultura di sana. Terlebih akses jalan pun cukup baik,” ucapnya.

Baca Juga :  Fairid Terima Kunjungan Audiensi Rombongan Pertamina

Hingga saat ini, pihaknya telah melakukan pendataan warga yang akan direlokasi, dari 300 lebih kuota yang disiapkan, sudah ada sekitar 125 orang warga yang telah mengantongi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Setidaknya ini menjadi upaya pemko membantu warga agar mendapatkan lahan untuk tempat tinggal yang layak, sekaligus menjadi solusi mengurangi kawasan kumuh di Kota Palangka Raya,” pungkasnya. (Ra)

Share :

Baca Juga

Pemko Palangka Raya

Pemko Raih Penghargaan Kota Peduli HAM

Pemko Palangka Raya

Wali Kota Ajak Tingkatkan Kolaborasi dan Integritas

Pemko Palangka Raya

Peringati HUT Korpri, Ini Pesan Wali Kota Palangka Raya

Pemko Palangka Raya

Pemko Janji Perjuangkan Kesejahteraan Guru

Metro Palangka Raya

Selama Pandemi, 3.756 Pelanggar Prokes Ditindak

Pemko Palangka Raya

Masyarakat Diminta Manfaatkan Lahan Kosong

Pemko Palangka Raya

Diskan Tabur 65 Ribu Benih Ikan di Danau Teluk

Pemko Palangka Raya

Tiga ASN Pemko Purna Tugas, Ini Pesan Pj Wali Kota