Home / Pemko Palangka Raya

Senin, 21 Juni 2021 - 15:25 WIB

Masyarakat Diminta Waspada Fintech Ilegal

Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu.

Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu meminta kepada seluruh masyarakat, agar dapat lebih waspada terhadap Financial Industry Technology (Fintech) ilegal atau perusahaan jasa keuangan yang menawarkan pinjaman online (pinjol).

Pasalnya saat ini, banyak masyarakat yang menjadi korban kasus penipuan dari penawaran pinjaman online ilegal.

“Memang tidak bisa dipungkiri, seiring pesatnya perkembangan teknologi saat ini, maka semakin banyak tawaran atau peluang untuk menarik minat banyak orang, baik tawaran investasi maupun simpan pinjaman melalui cara online,” katanya, senin (21/6/21).

Baca Juga :  Pemko Gagas Relokasi Pemukiman Rawan Ablasi

Untuk itu, masyarakat harus dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap kasus tersebut. Sebab, penipuan berkedok menawarkan pinjaman uang melalui SMS atau via online kian marak. Terlebih banyak pihak yang sengaja memanfaatkan kondisi perekonomian dimasa pandemi saat ini.

“Masyarakat harus memastikan atau memilah terlebih dahulu legalitas dari pinjaman online tersebut. Jangan pernah tergiur dengan tawaran dari pinjaman yang tidak jelas legalitasnya,” ucapnya

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini pemerintah kota (Pemko) melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfosantik) Kota Palangka Raya, terus melakukan sosialisasi dan imbauan terkait kewaspadaan terhadap investasi bodong atau fintech ilegal kepada masyarakat.

Baca Juga :  Fairid Hadiri Raker Apeksi se-Kalimantan

Selain itu, pihaknya juga akan bersinergi dan berkoordinasi dengan pihak terkait. Baik dengan aparat kepolisian ataupun melalui tim forkopimda.

“Termasuk bersinergi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang nota bene memiliki kewenangan pengawasan terkait aktivitas pinjol maupun fintech ilegal tersebut,” pungkasnya. (Ra)

Share :

Baca Juga

Pemko Palangka Raya

Pelaku Usaha Diminta Kelola Limbah Sesuai BM

Pemko Palangka Raya

Operasi Pasar Diharapkan Bantu Perekonomian Masyarakat

Pemko Palangka Raya

Pemilik Usaha Diminta Taat Bayar Pajak

Pemko Palangka Raya

Dinkes Kota Tunggu Jadwal Pendistribusian Vaksin Covid-19

Pemko Palangka Raya

Disdik Kota Wajibkan Peserta Didik Gunakan Masker

Pemko Palangka Raya

Pemko Bentuk Tim Pengawas Distribusi Gas Elpiji 3 Kg

Pemko Palangka Raya

Penyaluran Bantuan Bahan Pokok untuk Tekan Inflasi

Pemko Palangka Raya

Tingkatkan Pengetahuan Masyarakat Tentang MPI