Home / DPRD Provinsi Kalteng

Senin, 28 Juni 2021 - 15:23 WIB

Kalteng Perlu Balai Sertifikasi Pertanian

Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Sengkon

Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Sengkon

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Sengkon menilai, perlu adanya balai sertifikasi untuk bidang pertanian, sama seperti yang ada di Banjarmasin dan Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pasalnya, jika melihat pengembangan sektor pertanian yang saat ini tengah dipacu pemerintah. Keberadaan balai tersebut bisa membantu penelitian dan pengujian berbagai hal yang berkaitan dengan sektor pertanian.

“Misalkan mau sertifikasi benih, maka akan diuji melalui laboratorium dan dilanjutkan pengembangan lain. Setelah semua tahapan dilalui dan dilihat bagus, maka balai bisa mengeluarkan sertifikat yang sangat berguna untuk pengembangan lebih lanjut,” kata Senkon, Senin (28/6/2021).

Baca Juga :  Tingkatkan Sektor Peternakan di Kalteng, Dewan Kunjungi Kabupaten Tanah Laut

Dijelaskan, adanya penelitian dan pengujian hingga sertifikasi terhadap produk-produk pertanian sangat diperlukan karena sangat berkaitan dengan prospek pengembangan yang lebih luas. Ditambah saat ini pemerintah tengah menjalankan program food estate, tentu kualitas dan mutu produk pertanian dari hasil pengujian sangat diperlukan.

“Sertifikat yang ada tidak sekedar sertifikasi, mengingat sebelumnya sudah dilakukan penelitian oleh orang yang ahli di bidangnya. Jadi sertifiksi ini dapat dikatakan bisa diandalkan,” ucapnya.

Baca Juga :  Program PSR Masih Perlu Disosialisasikan

Bahkan, Politisi Partai Perindo ini meyakini, untuk mengembangkan sarana tersebut di Kalteng bukan lah hal yang sulit. Ketersediaan sumber daya manusia (SDM) mulai dari akademisi, pakar, peneliti hingga dukungan perguruan tinggi, sudah dianggap mampu menjadi bagian dari pihak yang dilibatkan.

“Jadi saran saya, bisa dikerja samakan berbagai hal yang berkaitan dengan pertanian. Ini penting saya kira, apalagi kita menghadapi food estate dan sebagai penyangga ibukota negara,” pungkasnya. (Ra)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Kapuas Hulu Perlu Peningkatan Fasilitas Pendidikan

DPRD Provinsi Kalteng

Regulasi Muatan Truk Dinilai Perlu Pembahasan Bersama

DPRD Provinsi Kalteng

Nilai Jual Tanah KONI dan Dispora Masuk Dalam Penyertaan Modal PT Bank Kalteng

DPRD Provinsi Kalteng

Komisi III DPRD Kalteng Kunker ke Gumas

DPRD Provinsi Kalteng

Masyarakat DAS Barito Harapkan Peningkatan Infrastruktur

DPRD Provinsi Kalteng

Pemerintah Diharapkan Tambah Biaya Operasional Sekolah di Daerah

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Sarankan PMI Gandeng Pendonor Pemula

DPRD Provinsi Kalteng

Sejumlah Agenda Prioritas Telah Diselesaikan DPRD dan Pemprov Kalteng