Home / Kobar

Jumat, 18 Juni 2021 - 16:36 WIB

Ikan Hias Asal Kobar Jadi Incaran Mancanegara

Anhari saat memperlihatkan ikan hias peliharaannya, Jumat (18/6).

Anhari saat memperlihatkan ikan hias peliharaannya, Jumat (18/6).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Ikan hias asal Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah tidak hanya laris  di pasar nasional melinkan hingga ke pasar mancanegara.

Menariknya, mayoritas ikan hias yang diminati itu malah kebanyakan jenis ikan lokal khas kalimantan. Ikan-ikan tersebut pun masih bisa dijumpai di perairan sungai maupun danau.

Berdasarkan data Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Palangka Raya, tercatat sebanyak 55.033 ikan hias yang berhasil dikirim dari Kobar.

Dari jumlah itu, ikan Peyang  menempati urutan pertama dengan jumlah 19.416 ekor, disusul Toman 10.138 ekor, Kerandang 7.535 ekor, Ikan Cupang 4466 ekor, dan Ikan Kihung 2.955 ekor.

Baca Juga :  Terlibat Tabrakan, Dua Pengendara Motor Terluka 

Selain itu ada beberapa jenis ikan lokal lain yang tak kalah dilirik, diantaranya ikan buntal emas, ikan tembubuk, ikan sumpit, ikan telan, ikan seluang, botia dan ikan banta.

Penghobi ikan hias Kobar, Anhari Kesuma, Jumat (18/6) mengatakan seiring perkembangan teknologi dan informasi, pangsa pasar ikan lokal kalimantan terbilang cukup luas.

Namun, saat ini masih banyak masyarakat khsususnya para nelayan yang belum mengetahui hal tersebut.

Baca Juga :  BPS Rilis Link Buku Kobar Dalam Angka 2017

“Ada juga, banyak malah kirim ke Malaysia Singapore, China. Kalo peyang yang full bunga bisa tembus 1.000 USD ke China ada teman-teman yang kirim,” kata Anhari.

Padahal, menurutnya, apabila hal tersebut dikelola dengan baik maka akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat, dan menjadi penghasilan tambahan bagi para pemancing maupun nelayan.

“Dan secara tidak langsung membuka lapangan kerja, memberdayakan nelayan. Jadi ikan yang sering dianggap gak ada harganya, punya nilai ekonomis,” jelasnya. (lh)

Share :

Baca Juga

Kobar

Antar Paket Sabu, Kurir Tak Berkutik Dibekuk Polisi

Kobar

Eksekusi Rumah di Kelurahan Baru Nyaris Terjadi Bentrok

Kobar

BKSDA Evakuasi Buaya Kecil Masuk ke Parit

Kobar

Kemunculan Buaya Besar Hebohkan Warga

DPRD Kobar

Dewan Dorong Dinas Terkait Segera Perbaiki Drainase Tersumbat

Kobar

Pelaku Pembakar Lahan di Karang Anyar Terancam 10 Tahun Penjara

Kobar

Depresi, Pria Paruh Baya Ceburkan Diri ke Sungai

Kobar

Mulai Besok, Polantas Giat Operasi Zebra Bidik Pelanggar Lalin