Home / Pemko Palangka Raya

Jumat, 25 Juni 2021 - 15:29 WIB

Huma Hai Mahin Jadi Cagar Budaya

Penetapan Huma Hai Mahin sebagai salah satu rekomendasi dari delapan bangunan dan struktur cagar budaya berperingkat di Kota Palangka Raya

Penetapan Huma Hai Mahin sebagai salah satu rekomendasi dari delapan bangunan dan struktur cagar budaya berperingkat di Kota Palangka Raya

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Rumah Tradisional Huma Hai Mahin, yang berada di Jalan Metar Duha, Kelurahan Mungku Baru, Kecamatan Rakumpit, ditetapkan untuk direkomendasikan oleh tim pendaftaran cagar budaya Kota Palangka Raya, menjadi salah satu dari delapan bangunan dan struktur cagar budaya berperingkat di Kota Palangka Raya. Untuk itu dikaji kelayakannya oleh tim ahli cagar budaya.

Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin melalui Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Ir Kandarani mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) telah berupaya melakukan pentahapan dalam rangka pelestarian cagar budaya yaitu melewati tahap registrasi yang mencakup pendaftaran, pengkajian, penetapan, pencatatan, dan pemeringkatan cagar budaya berdasarkan rekomendasi tim ahli cagar budaya.

Baca Juga :  Pemko Sambut Baik Tes Cepat Ge Nose C19

“Selain itu, upaya dinamis pelestarian, penyelamatan, pengembangan, dan pemanfaatan cagar budaya, perlu dilakukan untuk mempertahankan keberadaan cagar budaya dan nilainya, guna mencegah serta menanggulangi cagar budaya dari kerusakan, kehancuran, kemusnahan dengan cara penyelamatan, pengamanan, zonasi, pemeliharaan dan pemugaran,” kata Fairid Nafarin, Jum’at (25/6/2021).

Untuk itu dengan ditetapkannya 8 cagar budaya di Kota Palangka Raya, diharapkan ada sinergi antara pemerintah dan masyarakat. Serta dukungan dari berbagai pihak, dalam upaya mendorong partisipasi untuk melestarikan cagar budaya yang ada di Kota Palangka Raya.

Baca Juga :  Pemko Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

‚ÄúDari 20 objek diduga cagar budaya di wilayah kota Cantik, yang sudah didaftarkan oleh tim pendaftaran cagar budaya Kota Palangka Raya untuk dikaji kelayakannya, direkomendasikan delapan cagar budaya berperingkat, yakni Gedung serba guna Tjilik Riwut, Jalan Tjilik Riwut Km 1, Rumah Tradisional (Huma Hai) Mahin Jalan Metar Duha, Pesanggrahan Tjilik Riwut Jalan S Parman, Tower PDAM Jalan Ahmad Yani, Monumen tiang pancang Jalan S Parman, Sandung Ngabe Sukah Jl Dr Murjani, Rumah Tjilik Riwut Jalan Jenderal Sudirman, Rumah tradisional Sei Gohong Kelurahan Sei Gohong,” pungkasnya. (Ra)

Share :

Baca Juga

Pemko Palangka Raya

Dishub Ajak Warga Manfaatkan Layanan BRT Berwisata

Pemko Palangka Raya

Ketua TP-PKK Palangka Raya Resmikan Pasar Murah

Pemko Palangka Raya

Fairid Naparin Ingatkan Masyarakat Jangan Bakar Lahan

Pemko Palangka Raya

Pemko Apresiasi Kinerja PMI

DPRD Kota

15 Raperda Usulan Pemko Disetujui

Pemko Palangka Raya

Menpan RB Bakal Resmikan Mall Pelayanan Publik

Pemko Palangka Raya

Pemko Persiapkan Pembuatan Lumbung Sosial

Pemko Palangka Raya

Pj Wali Kota Dukung Kemandirian Petani