Home / DPRD Barito Selatan

Rabu, 30 Juni 2021 - 16:30 WIB

DPRD Barsel Harapkan Tidak ada Lagi Kekerasan Terhadap Anak

BUNTOK, KaltengEkspes.com – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Tri Wahyuni, mengatakan, masih maraknya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, perlu menjadi perhatian para orang tua untuk lebih waspada atau paling tidak mengetahui detail perkembangan perilaku anak yang tidak wajar.

“Peranan orang tua memang sangat penting mendidik anak – anaknya dengan ajaran agama,” kata Tri Wahyuni saat dibincang Kalteng Ekspres.com Rabu (30/6/2021).

Ia meminta agar semua orang tua maupun masyarakat pada umumnya di kabupaten setempat agar saling menjaga dan menghindari kekerasan terhadap anak, termasuk perlunya penanganan maksimal dari pemerintah dan stakeholder terkait.

Baca Juga :  Serap Aspirasi, Hj Ani Mahrita dan Ramanto Reses di Dusun Utara

“Kita menilai penangangan saat ini masih kurang maksimal, karena masih dianggap tabu atau aib bagi si korban, sehingga tidak jarang bila terjadi pelecehan masyarakat enggan melaporkan ke pihak berwajib,” katanya.

Dikatakan politisi PDIP Barsel itu  itu, pihaknya meminta Pemerintah melalui SOPD terkait  dan stakeholder lainnya memaksimalkan upaya perlindungan terhadap perempuan dan anak, salah satunya lebih maksimal lagi memberikan sosialisasi ke masyarakat.

“Kami harap dari legislatif, pemerintah dan stakeholder serta masyarakat harus aktif memberikan kesadaran terhadap masyarakat yang salah satunya orang tua dalam mengawasi anak,” katanya.

Baca Juga :  Dewan Minta Warga Barsel Jaga Keberhasilan, Cegah Corona

Kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak saat ini masih dinilai hal yang tabu. Masyarakat lebih memilih diam apabila terjadi perilaku kekerasan seks menyimpang karena malu dan aib bagi keluarga.

“Semestinya bila terjadi kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak, hendaknya segera dilaporkan ke pihak berwajib, sehingga pelaku dapat ditindak tegas sesuai perundang – undangan yang berlaku dan bisa menurunkan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di Barsel,” tandasnya. (rif)

Share :

Baca Juga

DPRD Barito Selatan

Kesadaran Masyarakat Gunakan Masker di Barsel Masih Rendah

DPRD Barito Selatan

Dewan Ingatkan Kades Terkait Pengelolaan DD

DPRD Barito Selatan

Komisi I DPRD Barsel Sambangi Pelaksanaan Assessment Pejabat Eselon II

DPRD Barito Selatan

Dewan Minta Warga Barsel Jaga Keberhasilan, Cegah Corona

DPRD Barito Selatan

DPRD Minta DPMPTSP Barsel Lebih Jeli Melihat Peluang PAD

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Minta Pemkab Ambil Langkah Strategis dan Sistematis Tangani Covid-19

DPRD Barito Selatan

Sambut New Normal, DPRD Dorong Pemkab Barsel Beri Bantuan UMKM

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Ingatkan Rumah Sakit Siaga Hadapi Varian Omicron