Home / DPRD Provinsi Kalteng

Selasa, 29 Juni 2021 - 15:08 WIB

Dewan Sorot Kerusakan Jalan Kurun-Palangka Raya

Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Lohing Simon

Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Lohing Simon

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Lohing Simon menyoroti adanya keluhan masyarakat Kabupaten Gunung Mas, terkait rusaknya ruas jalan Kuala Kurun-Palangka Raya, yang diduga diakibatkan oleh banyaknya kendaraan operasional milik perusahaan yang bermuatan melebihi tonase melintas di ruas tersebut.

“Kami sudah berkomunikasi bersama gubernur, berkaitan dengan permasalahan yang ramai dan timbul karena investasi atau para investor melintasi jalan Palangka Raya menuju Kuala Kurun,” kata Lohing Simon, Selasa (29/6/2021).

Lebih lanjut Lohing mengungkapkan, upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) dalam meningkatkan kualitas infrastruktur jalan di ruas tersebut, telah maksimal. Akan tetapi kerusakan tersebut kembali terjadi.

“Selama ini sudah luar biasa penanganan dari pemerintah daerah untuk ruas jalan Kuala Kurun – Palangka Raya, tapi fakta di lapangan itu selalu mengalami rusak berat. Artinya, sesuai pengamatan selama ini, disebabkan oleh dilintasi adanya kepentingan investasi,” ucapnya.

Baca Juga :  Usul Kewenangan Izin Tambang Rakyat Kembali ke Daerah

Untuk itu, Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, pihaknya akan mengagendakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama instansi terkait, guna membahas terkait persoalan yang tengah terjadi.

“Jadi intinya kami ingin mengetahui apakah perizinan mereka ini (investor, red) bisa melintasi jalan umum, atau mereka itu tidak boleh jalan umum tapi jalan khusus,” terangnya.

Bahkan beberapa waktu yang lalu, pihaknya juga telah menerima laporan dari jajaran DPRD Kabupaten Gunung Mas, terkait permasalahan tersebut. Artinya kerusakan ruas jalan Kuala Kurun-Palangka Raya, merupakan permasalahan serius yang harus segera mendapatkan penanganan.

Baca Juga :  Bapemperda DPRD Kalteng Kunjungi Kemendagri

“Permasalahan ini harus segera bisa diselesaikan ya. Karena saat ini sudah banyak masyarakat yang mengeluh dan meresahkan terkait kerusakan ruas jalan itu. Padahal pemerintah provinsi itu selalu aktif dan secara pembiayaan sudah luar biasa,” katanya.

Wakil Rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng I, yang meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas ini menegaskan, pihaknya bersama jajaran eksekutif, akan berkomitmen untuk secara bersama-sama mencari solusi yang tepat dalam menyelesaikan persoalan tersebut, sehingga masyarakat dapat kembali menjalani aktivitasnya dengan aman dan nyaman. (Ra)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Penerapan Digitalisasi Perlu Dalam Pariwisata

DPRD Provinsi Kalteng

Pelantikan Pengurus KPP Kalteng Ditunda

DPRD Provinsi Kalteng

KPP Kabupaten Bartim Resmi Dikukuhkan

DPRD Provinsi Kalteng

Komisi I DPRD Kalteng Kunker ke Tabalong

DPRD Provinsi Kalteng

Program Ekonomi Terpadu Harus Sesuai RPJMD

DPRD Provinsi Kalteng

Pemda Diminta Buat Terobosan 

DPRD Provinsi Kalteng

Masyarakat Diminta Utamakan Protokol Kesehatan dalam Pemungutan Suara

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Ajak Warga Kibarkan Bendera Merah Putih