Home / Pemkab Kobar

Senin, 17 Mei 2021 - 17:28 WIB

Usai Mudik, PBS Wajib Karantina Karyawannya

Wabup Kobar Ahmadi Riansyah saat memberikan keterangan kepada awak media, Senin (17/5).

Wabup Kobar Ahmadi Riansyah saat memberikan keterangan kepada awak media, Senin (17/5).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat menegaskan kepada perusahaan besar swasta (PBS) agar wajib menyediakan tempat karantina bagi karyawan yang baru di datangkan ke wilayah Kobar. Hal ini ditegaskan oleh Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah, seusai memimpin rapat koordinasi, Senin (17/5/2021).

Menurut Ahmadi, sikap mewajibkan PBS menyediakan tempat karantina ini diambil Pemkab Kobar untuk mencegah terjadinya penularan covid-19, mengingat saat ini Kobar termasuk wilayah ditemukannya virus Corona varian baru seperti di India.

” Rapat ini sebagai tindak lanjut surat dari Gubernur Kalimantan Tengah tentang syarat masuk ke wilayah Kalimantan Tengah khususnya Kobar, dan hasilnya pihak perusahaan wajib menyediakan tempat karantina, dimana waktu karantina selama 5 x 24 jam,”ungkap Ahmadi.

Baca Juga :  Tanggulangi Banjir, Dinas PUPR Kobar Bakal Normalisasi Kawasan

Ketegasan tersebut lanjut dia, agar pihak perusahaan bisa mengawasi karyawannya terutama yang melakukan perjalanan mudik. Terutama adanya perekrutan karyawan baru, sebab jika tidak diberikan ketegasan mengenai penerapan karantina, maka akan menjadi beban bagi pemerintah daerah.

“Berdasarkan hasil rapat koordinasi tadi, bagi pihak perusahaan yang menyanggupi akan menyediakan tempat karantina, maka Tim Satgas akan melakukan pemantauan serta pengawasan secara ketat Begitu pun jika pihak perusahaan belum memiliki tempat karantina, maka pemerintah daerah akan menyediakan beberapa tempat, dan selama karantina biaya di tanggung oleh pelaku perjalanan dalam hal ini pihak perusahaan, “ujar Ahmadi.

Baca Juga :  Tahun Ini, Seluruh Murid Baru SD dan SMP Diberi Seragam Gratis

Sementara itu Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah dengan tegas mengatakan kepada pihak perusahaan agar wajib mengkarantina karyawannya yang baru datang usai mudik lebaran dari luar daerah.

“Jika di langgar tentunya ada sanksi. Hal ini demi menyelamatkan masyarakat dari penyebaran Virus Corona. Ini wajib, sehingga pihak perusahaan jangan beralasan tidak mengkarantinakan karyawannya, apalagi tadi dalam rapat koordinasi ini telah di bahas, aturan bagi pelaku perjalanan,”ungkap Kapolres. (NK)

Share :

Baca Juga

Pemkab Kobar

Bupati Resmikan Pasar Rakyat Kumpai Batu Atas

Pemkab Kobar

Bupati Kobar Resmi Tutup MTQ ke-51

Pemkab Kobar

Bupati Kobar Janji Benahi Fasilitas Olahraga

Pemkab Kobar

Bupati Apresiasi Bantuan Sembako dari Sejumlah Pengusaha Kobar

Kobar

Ikuti Vicon KPK, Bupati Kobar Siap Tindaklanjuti Arahan KPK

Pemkab Kobar

Bupati Buka Pagelaran Seni Nusantara

Pemkab Kobar

Bupati Imbau Masyarakat Manfaatkan Peluang Potensi Wisata

Pemkab Kobar

Bupati Buka Turnamen PDAM Tirta Arut Cup IV