Home / Kobar

Sabtu, 1 Mei 2021 - 21:40 WIB

Komisi IV Ajak Generasi Muda Kembangkan Pertanian

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Anggota Komisi IV DPR RI Bambang Purwanto mengajak generasi muda milenial untuk mengoptimalkan ketahanan pangan nasional.

“Begitu banyak peluang yang dapat dioptimalkan di sektor ketahanan pangan nasional ini, terlebih kemajuan teknologi mendukung generasi muda untuk terlibat dalam sektor pertanian ini. Namun masih minimnya anak muda yang ingin terjun ke sektor pertanian menjadi kendala dan ancaman bagi ketahanan pangan daerah” kata Bambang Purwanto di Halaman Kantor DPC Konfederasi SPSI Kabupaten Kobar, Sabtu (01/05).

Baca Juga :  Warga Desa Tanjung Putri Tangkap Buaya Sepit

Menurut Bambang, sektor pertanian  menjadi sektor yang mendukung perekonomian dan ketahanan pangan di Indonesia karena peluang masih terbuka lebar.

Selain itu, sektor pertanian menjadi sektor yang belum menarik dan diminati oleh generasi muda untuk dikembangkan banyak generasi muda memilih untuk bekerja di perusahaan. Tidak sedikit anak muda berpikir bahwa menjadi petani atau terjun dalam pertanian adalah sesuatu yang tidak keren dan berpenghasilan rendah.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah petani per 2019 mencapai 33,4 juta orang. Adapun dari jumlah tersebut, petani muda di Indonesia yang berusia 20 – 39 tahun hanya 8 persen atau setara dengan 2,7 juta orang.

Baca Juga :  Dewan Dorong Pertamina Segera Atasi Kelangkaan Gas Elpiji di Kobar

Untuk menambah wawasan dalam pengembangan usaha pertanian yang menjanjikan serta memberikan motivasi kepada generasi muda untuk terlibat di sektor pertanian.

Bambang berharapan generasi muda turut terlibat dalam memajukan sektor pertanian untuk ketahanan pangan nasional di Indonesia. (NK)

Share :

Baca Juga

Kobar

Sudah 18 Orang Pemuda Arsel Mendaftar Jadi Anggota TNI AD

Kobar

Licin, Jalan Diponegoro Dibersihkan

Kobar

Teler, Dewa Mabuk Diciduk Satpol PP Kobar

Kobar

Ikan Hias Asal Kobar Jadi Incaran Mancanegara

Kobar

Disambar Petir, Gudang Ban Bekas Hangus Terbakar

Kobar

RSSI Pangkalan Bun Masih Rawat 3 Orang PDP

Kobar

Satu Pelaku Pencurian Tewas Dihakimi Warga 

Kobar

Gasak Barang Elektonik Warga, Dua Pelaku Curat di Kolam Ini Dibekuk Polisi
error: Content is protected !!