Home / Nasional

Sabtu, 24 April 2021 - 11:27 WIB

Polisi Bongkar Gudang Pengoplos Gula Rafinasi

BANYUMAS, KaltengEkspres.com – Polres Banyumas membongkar pengoplosan gula rafinasi  di Kecamatan Ajibarang dan Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Dari dua lokasi ini, polisi menyita barang bukti sebanyak 35 ton gula rafinasi siap edar yang telah dioplos hingga tampak seperti gula biasa.

Dari kasus tersebut, polisi menangkap dua orang pelakunya berinisial G (40) warga Kecamatan Ajibarang dan W (40) warga Kecamatan Cilongok.

Peredaran gula rafinasi tidak sesuai peruntukan konsumsi masyarakat dan kesehatan ini meningkat jelang Lebaran. Praktik pengoplosan dari gula rafinasi menjadi gula konsumsi ini hanya menggunakan molase yang dicampurkan sehingga tampak seperti gula pasir pada umumnya.

Baca Juga :  Mabes Polri Diserang Terduga Teroris

Setelah itu gula rafinasi tersebut dimasukkan dalam karung dengan merek gula tertentu. Hal tersebut bertujuan untuk mengelabui masyarakat, sehingga tampak seperti gula pasir pada umumnya.

“Yang pertama kali menangkap pelakunya ini jajaran Mabes Polri, lalu kemudian diserahkan ke kami. Selanjutnya kita kembangkan kasusnya. Kemarin kita mengamankan 35 ton gula rafinasi. Jadi ada dua tempat dan masih akan dikembangkan di Kecamatan Ajibarang dan Kecamatan Cilongok. Sementara yang diamankan dua orang berinisial W dan G,”ungkap Kapolresta Banyumas, Kombes Pol. Firman Lukmanul Hakim, Jumat (23/4).

Baca Juga :  Polda Banten Gagalkan Penyelundupan 159 Kilogram Ganja dari Aceh

Berdasarkan pengakuan tersangkalanjut dia,  mereka memproduksi dan mengoplos gula rafinasi selama tujuh bulan terakhir. Setiap pekan peredaran gula rafinasi lebih dari 100 ton, apa lagi saat puasa dan jelang lebaran permintaan gula sangat tinggi. Untuk pasarannya sendiri, diakui di wilayah Jawa Barat.

“Sudah ada yang beredar, pengakuan tersangka di Jawa barat, dengan menggunakan merek gula. Dia produksi sudah 7 bulan. Ini kita dalami terus dan lakukan penyelidikan apakah ada juga yang beredar di wilayah Banyumas. Jangan sampai ini dikonsumsi yang akhirnya berdampak pada kesehatan masyarakat,”tandasnya. (as)

Share :

Baca Juga

Nasional

Mantap! Tanggapi Laporan Warga Desa Patai, Komisi IV DPR RI Langsung Agendakan RDP

Kobar

Gangguan Kejiwaan Dipastikan Gunakan Hak Pilih

Nasional

Bareskrim Bongkar Sindikat Penyelundupan Pil Ekstasi dari Belanda

Nasional

Polri Kerahkan 4 Kapal Pencarian Nanggala 402

Nasional

Menteri Agama Sembuh dari Covid-19

Nasional

Ini Pengalaman dr Twindy Saat Terpapar Covid-19 dan Dinyatakan Sembuh

Nasional

Polisi Bongkar Pabrik Kosmetik Ilegal

Nasional

Hari Ini Bupati Kotim Dijadwalkan Diperiksa KPK
error: Content is protected !!