Home / DPRD Kota

Kamis, 1 April 2021 - 15:04 WIB

Peran Sekwan Penting dalam Pencegahan Korupsi

Raker Adeksi regional Kalimantan di gedung DPRD Kota Palangka Raya

Raker Adeksi regional Kalimantan di gedung DPRD Kota Palangka Raya

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dalam rapat kerja (raker) pengurus Asosiasi Sekretaris DPRD Seluruh Indonesia (Adeksi) regional Kalimantan Tahun 2021, Sekretariat DPRD Kota Palangka Raya dipercaya sebagai tuan rumah raker yang digelar 29 Maret hingga 1 Aprii.

Dalam laporannya, Ketua Panitia sekaligus Sekretaris DPRD Kota Palangka Raya, Siti Masmah menyampaikan, raker Asdeksi memiliki tujuan meningkatkan konsolidasi, memberikan informasi, serta komitmen mewujudkan kualitas layanan mengingat peran Sekretariat Dewan (Setwan) sebagai aparat birokrasi dalam ranah politik.

“Perlu bagi kami untuk membekali diri dengan kompetensi yang handal, demi memberikan layanan maksimal serta mendukung pemenuhan tugas pokok dan fungsi DPRD,” katanya, Kamis (1/4/2021).

Baca Juga :  Pemko Palangka Raya Diminta Berikan Pelatihan

Dalam raker tersebut, lanjut Siti, diikuti oleh 87 orang peserta yang berasal dari empat provinsi di Kalimantan yakni Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sebanyak 44 orang, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sebanyak 28 orang, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) sebanyak 7 orang dan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebanyak 8 orang. Sedangkan pihak perwakilan dari Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) tidak dapat hadir.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K. Yunianto menyambut baik terlaksananya raker Asdeksi tersebut.

“Saya apresiasi tema yang diangkat dalam raker ini yakni pencegahan tindak pidana korupsi. Ini bahan diskusi yang sangat menarik guna mewujudkan good government yang baik di lingkungan kerja,” ucapnya.

Baca Juga :  DPRD Kota Studi Banding ke DPRD Tala dan Banjarbaru

Bahkan, Legislator Partai PDI Perjuangan ini melanjutkan, di tengah banyaknya kasus pidana korupsi yang menjerat pejabat pemerintahan dan DPRD di tanah air, maka upaya preventif wajib dilakukan dengan menambahkan pemahaman wewenang institusi dan tindakan yang bertentangan dengan aturan pemberantasan tindak korupsi.

“Bagaimanapun juga lembaga Setwan harus menguasai fungsi pengelolaan keuangan DPRD yang memiliki asas yang berintegritas, transparan, akuntabel, dan nihil tindak korupsi,” pungkasnya. (Ra)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Raperda Ini Solusi Atasi Banjir Kota Palangka Raya

DPRD Kota

Prioritaskan Guru Honorer Jadi ASN dan P3K

DPRD Kota

Dewan Imbau UMKM Jujur Jalankan Usahanya

DPRD Kota

Adanya Vaksin, Bukan Akhir dari Penerapan Prokes

DPRD Kota

Pemkot Palangka Raya Diminta Terus Pantau Harga Sembako

DPRD Kota

Dewan Kota Ajak Warga Tak Bakar Lahan

DPRD Kota

Masyarakat Diminta Gotong Royong Cegah Banjir

DPRD Kota

Cegah DBD, Dewan Kota Minta Masyarakat Giat Bersih Lingkungan
error: Content is protected !!