Home / DPRD Provinsi Kalteng

Selasa, 13 April 2021 - 15:33 WIB

Komisi II Bakal Tinjau Konflik Lahan di Seruyan

Sekretaris Komisi II DPRD Kalteng, Sudarsono

Sekretaris Komisi II DPRD Kalteng, Sudarsono

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dalam waktu dekat, Jajaran Komisi II DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), akan melakukan peninjauan ke Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Seruyan.

Hal ini guna menindaklanjuti hasil reses perorangan dari wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Kalteng II, yang meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Seruyan, Sudarsono, terkait masyarakat Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Seruyan, yang mendapat penolakan dari BPN setempat dalam mengurus sertifikat tanah.

“Jadi memang permasalahan ini cukup mengganjal ya. Karena kan setahu kita kalau ada kebun masyarakat atau hak masyarakat ada di dalam HGU, ini mestinya kan di inclave kalau memang mereka tidak suka rela untuk memberikan atau jual beli dengan pemilik. Kalau sudah di inclave berarti ini kan sudah sah kepemilikannya punya masyarakat,” kata Sudarsono, Selasa (13/4/2021).

Untuk itu, Sekretaris Komisi II DPRD Kalteng ini mengatakan, pihaknya ingin mengundang BPN setempat untuk bersama-sama meninjau secara langsung kondisi lahan masyarakat serta memberikan penjelasan terhadap kasus yang terjadi di Kecamatan Batu Ampar.

Baca Juga :  DPRD Kalteng-TAPD Bahas Anggaran Melalui Video Conference

“Karena ini kalau tidak dijelaskan secara baik oleh BPN, terutama kepada masyarakat, justru nantinya bisa membuat persoalan baru. Yang pasti kami ingin melihat faktanya secara langsung di lapangan,” tegasnya.

Baca Juga :  Dewan Minta Pembuang Bayi Malang Ditindak Tegas

Sebelumnya diberitakan, masyarakat di Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Seruyan mengeluhkan terkait adanya penolakan oleh BPN pada saat mengurus sertifikat hak milik tanah, baik bagi kebun masyarakat yang berada di dalam HGU maupun kebun masyarakat yang berada di luar HGU. (Ra)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Tindak Tegas Truk Kayu Log Melintasi Jalan Umum

DPRD Provinsi Kalteng

Hadapi FSQ Kalteng, Kafilah Katingan Perlu Dipersiapkan

DPRD Provinsi Kalteng

Penambahan Anggaran Pilkada Kalteng Dinilai Wajar

DPRD Provinsi Kalteng

Pemerintah Diminta Lanjutkan Penyaluran Pupuk Subsidi

DPRD Provinsi Kalteng

Kecamatan Katingan Tengah Butuh Pelayanan Dukcapil

DPRD Provinsi Kalteng

Anggota DPRD Kalteng Kunker ke RSUD di Seruyan

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Minta Pemprov Kalteng Tingkatkan Sinergitas

DPRD Provinsi Kalteng

Salurkan CSR Untuk Peningkatan Kualitas SDM