Home / Pemkab Pulang Pisau / Pulang Pisau

Senin, 1 Maret 2021 - 20:19 WIB

Sebagian Besar Lahan Perkantoran Belum Kantongi Sertifikat

Kepala ATR/BPN Kabupaten Pulang Pisau, Iwan Susianto.

Kepala ATR/BPN Kabupaten Pulang Pisau, Iwan Susianto.

PULANG PISAU, KaltengEkspres.com – Sebagian besar lahan kantor pemerintahan di Kabupaten Pulang Pisau belum memiliki legalitas hukum. Bangunan perkantoran yang berdiri di Jalan W.A.D Duha Rey IV Desa Mantaren I Kecamatan Kahayan Hilir itu banyak yang belum mengantongi sertifikat.

Jika tidak segera ditindak lanjuti, kondisi itu sangat rawan memunculkan masalah dikemudian hari. Pemerintah daerah diharapkan tanggap terkait hal tersebut.

Kepala Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Pulang Pisau, Iwan Susianto mengakui hal tersebut. Ia membeberkan hanya sebagian saja lahan di perkantoran yang sudah bersertifikat.

Baca Juga :  Selama Ramadan, Bupati Minta Semua Desa Aktifkan Pos Jaga

“Memang kalau belum sertifikat ini akan sangat rawan menimbulkan masalah. Seperti sengketa dan sebagainya,” kata Iwan, Senin, 1 Maret 2021.

Ia menyarankan, pemerintah daerah bisa segera mengurus untuk legalitas lahan-lahan di perkantoran tersebut. Karena untuk sertifikat lahan perkantoran itu sudah bisa diikut sertakan melalui program PTSL.

Baca Juga :  Sadis! IRT Tewas Dirampok, Anaknya Dianiaya¬†

“Kami di pertanahan membuka ruang untuk berkomunikasi dengan pemerintah daerah. Saran kami untuk lahan di perkantoran itu segera saja disertifikatkan,” ujar dia.

Iwan mengungkapkan, tahun ini kuota PTSL untuk Pulang Pisau bertambah cukup banyak. Dia berharap kesempatan ini segera dimanfaatkan agar lahan-lahan tersebut memiliki badan hukum.

“Aset-aset ini seharusnya memang disertifikatkan. Kalau lahannya sudah berbadan hukum tentu dapat meminimalkan permasalahan sengketa dikemudian hari,” tandasnya. (dar)

Share :

Baca Juga

Pemkab Pulang Pisau

Pemkab Pulpis Sampaikan LKPj Tahun 2022 ke Dewan

Pulang Pisau

159 ASN Pulang Pisau Diambil Sumpah Janji

Pulang Pisau

Kajari Imbau Masyarakat Jangan Golput

Pulang Pisau

Pengedar Sabu Lintas Kecamatan Diringkus Polisi

Pulang Pisau

Tim Gugus Tugas Pulpis Evaluasi Penanganan Covid-19

Pulang Pisau

Kejari Pulpis Canangkan Zona Integritas WBBM

Pulang Pisau

Sadis! IRT Tewas Dirampok, Anaknya Dianiaya 

Pemkab Pulang Pisau

Menteri LHK dan Wagub Kalteng Tinjau Desa Tuwung