Home / Lintas Kalimantan

Jumat, 19 Maret 2021 - 19:59 WIB

Putusan Sidang MK Sengketa Pilgub Kalsel Menangkan H2D

BANJARMASIN, KaltengEkspres.com – Sidang pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) gugatan sengketa hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kalimantan Selatan (Kalsel) yang diajukan oleh Denny Indrayana pada Jumat (19/3/2021) dikabulkan sebagian.

Majelis Hakim Konstitusi juga meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan untuk melakukan pemungutan suara ulang di 6 kecamatan dan 24 TPS di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Ketua Majelis Hakim Konstitusi, Anwar Usman dalam pembacaan putusan itu mengatakan mengabulkan gugatan pemohon untuk sebagian dan memerintahkan KPU Kalsel untuk melakukan pemungutan suara ulang di 6 kecamatan dan 24 TPS di Kecamatan Binuang.

Majelis hakim konstitusi menilai bahwa di sejumlah TPS dan 5 kecamatan tersebut telah terjadi pelanggaran pemilu dan penggelembungan suara yang menguntungkan paslon petahana.

Baca Juga :  Haji Denny Terima Formulir B1 KWK Dari DPP Partai Demokrat

Dengan dikabulkannya gugatan Denny Indrayana itu maka rekapitulasi KPU Kalsel yang memenangkan pihak Sahbirin Noor dan Muhidin dinyatakan batal di mata hukum.

Adapun sebelum menggelar sidang putusan, majelis hakim konstitusi telah memeriksa perkara yang diajukan oleh pihak Denny Indrayana. Salah satu kesaksian yang menarik perhatian adalah dugaan politisasi Bansos dalam Pilkada 2020.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan menetapkan perolehan suara pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1,  Sahbirin Noor dan Muhidin unggul sebanyak 8.127 suara dari pasangan nomor urut 2, Denny Indrayana dan Difriadi Derajat.

Sebagaimana diketahui, pemenang Pilgub Kalsel berdasarkan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara di Pilkada Kalsel 2020 yang digelar 17-18 untuk 13 kabupaten/kota di Hotel Golden Tulip, Jumat (18/12/2020), menetapkan secara resmi perolehan kedua pasangan calon, di mana selisih suara tidak sampai 1 persen, tepatnya 0,48 persen, yaitu suara pasangan Sahbirin-Muhidin  sebanyak 851.822 suara atau 50,24 persen.

Baca Juga :  Tujuh Kabupaten di Kalsel Dilanda Banjir, Terparah di HST

Sementara itu, total perolehan suara pasangan Denny-Difri yang diusung Partai Gerindra, Demokrat, dan PPP sebanyak 843.695 suara atau 49,76 persen.

Sebelum pembacaan putusan gugatan Pilgub Kalsel oleh MK pada Jumat (19/3/2021) sore, Denny Indrayana sudah mengatakan bahwa apapun keputusan MK nantinya, baik itu diskualifikasi Paslon 01 atau pemungutan suara ulang (PSU) adalah sebuah kemenangan H2D di MK.(yan/rif)

 

Share :

Baca Juga

Lintas Kalimantan

Srikandi Banua Kembali Gelar Bazar

Featured

KPU Kalteng Targetkan 79 Persen Partisipasi Pemilih

Lintas Kalimantan

Berkat Usaha dan Donasi 5000, MK Menangkan H2D dan Adakan PSU

Lintas Kalimantan

Cagub Haji Denny Hadiri Rakor Relawan di Barabai

Lintas Kalimantan

Pelaku Penipuan Modus Pengobatan Melalui Barang Antik, Dibekuk Polisi

Lintas Kalimantan

Relawan Gambut Bertekad Menangkan Haji Denny di Pilgub Kalsel

Lintas Kalimantan

Relawan Haji Denny Banjar Tengah Siap Menangkan Pilgub Kalsel

Lintas Kalimantan

H Difriadi Kunjungi Pimpinan Majelis Taklim Sabilal Muhtadin di Haruyan
error: Content is protected !!