Home / DPRD Kota

Selasa, 30 Maret 2021 - 16:25 WIB

Pemko Diminta Gunakan Produk Lokal

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Ruselita.

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Ruselita.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Ruselita meminta kepada Pemerintah Kota (Pemko), agar melibatkan produk lokal dalam proyek pemerintah.

Pasalnya, Presiden RI, Joko Widodo telah mewajibkan para bupati dan wali kota yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (Apkasi) untuk menggunakan produk lokal di setiap proyek pemerintah.

Bahkan, Presiden juga secara tegas melarang untuk membeli produk impor pada setiap proyek pemerintah tersebut. Hal tersebut bertujuan untuk mendorong konsumsi produk lokal bisa naik sehingga pabrik-pabrik lokal bisa beroperasi dan karyawannya tidak dipecat atau di PHK.

Baca Juga :  Masyarakat Diimbau Waspada Luapan Air Sungai Kahayan

“Pada prinsipnya kami mendukung program pemerintah terkait penggunaan produk lokal. Tentu ini sebagai salah satu upaya mempercepat pemulihan ekonomi di masa pandemi covid 19, khususnya di Kota Palangka Raya,” katanya, Selasa (30/3/21).

Legislator Partai Perindo ini menambahkan, banyak sektor pada proyek pemerintah yang bisa diarahkan menggunakan produk lokal. Di antaranya, proyek infrastruktur jalan, drainase dan jembatan.

Baca Juga :  Pelatihan Tenaga Kerja Perlu Diawasi

Bahkan sebelumnya, Pemko Palangka Raya telah melaksanakan kick off transaksi belanja langsung pengadaan barang dan jasa. Hal tersebut dinilai dapat membuka ruang dengan menyediakan besarnya potensi nilai belanja pengadaan barang dan jasa bagi industri usaha dan jasa daerah.

“Terlebih bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), kebijakan tersebut menjadi peluang agar produk yang dihasilkan terselamatkan dan tidak tergerus akibat dampak pandemi,”ujarnya. (Ra)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Cegah DBD, Masyarakat Diimbau Berantas Sarang Nyamuk

DPRD Kota

Dewan Kota Palangka Raya Kunker ke Pariaman

DPRD Kota

DPRD Kota Gelar Paripurna Pertanggungjawaban Anggaran 2018

DPRD Kota

Dishub Diminta Maksimal Tertibkan Parkir Liar

DPRD Kota

Masyarakat Diminta Jangan Takut Periksa Kesehatan

DPRD Kota

Dewan Dorong Pemko Sentuh Pembangunan Kawasan Pinggiran

DPRD Kota

Sigit Minta Masyarakat Jaga Kelestarian Lingkungan

DPRD Kota

Dewan Minta Pemenuhan Jaringan Internet di Ruang Isolasi Covid-19
error: Content is protected !!