Home / DPRD Barito Utara

Selasa, 16 Maret 2021 - 21:47 WIB

DPRD Barut Sepakati Recofusing Anggaran

Bupati Barut Nadalsyah seusai menghadiri RDP di DPRD Barut, Selasa (16/3).

Bupati Barut Nadalsyah seusai menghadiri RDP di DPRD Barut, Selasa (16/3).

MUARA TEWEH, KaltengEkspres.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Utara (Barut) menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barut, di Aula DPRD setempat, Selasa (16/3/2021).

Dari hasil RDP ini, dewan sepakat dan menyetujui pergeseran alias recofusing anggaran APBD, senilai Rp. 72,2 miliar untuk penanganan Covid-19 oleh Pemkab Barut.

Kesepakatan ini tertuang dalam kesimpulan Rapat Dengar Pendapat (RDP) anggota dewan dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

RDP ini dihadiri langsung oleh Bupati Nadalsyah dan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra. Sementara dari pihak DPRD, langsung dihadir pula tiga peimpinan dewan, Hj Merry Rukaini, Parmana Setiatan dan Sastra Jaya.

Baca Juga :  Dewan Apresiasi Kegiatan GIS Disdik Barut

Ketua DPRD, Hj Mery Rukaini  mengatakan,  DPRD telah melaksanakan studi banding terkait Refocusing Anggaran 2021 di Palangka Raya dan Banjarmasin Kalsel.

“Kita semua setuju terkait refocusing yang dilakukan, hari ini kita memberikan masukan dan saran kepada Pemerintah,”ungkap Hj. Mery.

Selain Hj Merry, anggota lain secara bergantian memberikan saran dan masukan kepada TAPD.

Sementara itu, Bupati Barito Utara, Nadalsyah, mengatakan,  refocusing yang dilakukan berdasarkan PMK Nomor : 17/PMK.07/2021. Apabila tidak melakukan refocusing, dana transfer ke daerah akan terhambat.

Baca Juga :  Dewan Sorot Kinerja RSUD Muara Teweh

“Seperti pengalaman tahun sebelumnya, dimana sehubungan adanya Pandemi Covid-19, Pemerintah melakukan rasionalisasi anggaran sebesar 50%,” ujar Nadalsyah.

Belajar dari pengalaman beberapa daerah yang terlambat melakukan dan melaporkan, transfer dana Pemerintah Pusat ke daerah terhambat.

“Kita jangan sampai terlambat dalam penyampaian refocusing ke Pemerintah Pusat, nanti akan menghambat transfer dana ke daerah kita,” jelas H. Nadalsyah. (en)

Share :

Baca Juga

DPRD Barito Utara

Dewan Imbau Warga Rawat dan Jaga Taman Kota 

DPRD Barito Utara

Masyarakat Empat Desa Minta Perbaikan Jalan dan Jembatan

DPRD Barito Utara

Dewan Dorong Pemerataan Pendidikan hingga ke Desa

DPRD Barito Utara

Fraksi PPP Sampaikan 3 Catatan Terkait Raperda Pengelolaan Sampah

DPRD Barito Utara

Dewan Dorong Distan Barut Perluas Areal Lahan Pertanian

DPRD Barito Utara

Ini Jawaban Bupati Barut Terkait LPj APBD 2020

DPRD Barito Utara

Dewan Minta Pangkalan Gas LPG Fiktip Ditertibkan

DPRD Barito Utara

DPRD Barito Utara Susun Agenda Kegiatan Bulan Juni