Home / Kapuas / Pemkab Kapuas

Kamis, 18 Maret 2021 - 21:27 WIB

Camat Bataguh Pantau Kegiatan Tim Monitoring 

Camat Bataguh Syuryadin, saat menunjungi kegiatan monitoring jajarannya di Desa Sei Lunuk, Kamis (18/3).

Camat Bataguh Syuryadin, saat menunjungi kegiatan monitoring jajarannya di Desa Sei Lunuk, Kamis (18/3).

KUALA KAPUAS,Kaltengekspres.com – Camat Bataguh Syuryadin SH turun memantau kegiatan Tim monitoring jajarannya ke pemerintahan Desa Sei Lunuk Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas Kalteng, Kamis (18/3/2021).

Kepada Kaltengekspres.com di Gedung Serbaguna Desa Sei Lunuk, Syuryadin mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah monitoring atau evaluasi terhadap dana anggaran ADD(Alokasi Dana Desa) dan DD(Dana Desa) tahun anggaran 2020 tahap 3. Kalau tidak dimonitoring mereka tidak bisa mengusulkan ke Tahap 1 untuk ADD /DD tahun 2021 ,sebab harus ada rekomendasi berita acara hasil monitoring dana desa tahap 3.

“Evaluasi dan monitoring tahap 3 tahun 2020 memang terlambat ini karena ada berbagai hal seperti covid-19. Tim Monitoring ini berasal dari Kecamatan Bataguh yang diketuai oleh pak Taufik ,Kasi Trantib,” ujar Syuryadin.

Tujuan monitoring ini untuk memberi pembinaan pada mereka, melaksanakan pembayaran berdasarkan penggunaannya dana Desa. Penggunaan anggaran fisik berapa persen Itulah tujuan monitoring ini sebagai prasyarat mutlak untuk mengajukan tahap 1 anggaran ADD/DD tahun 2021.

Baca Juga :  Bupati Sambut Kedatangan Menteri Pertanian dan Rombongan di Kapuas

Sementara itu Kepala Desa Sei Lunuk, Manto Susilo mengatakan bahwa tujuan monitoring ini adalah untuk mengevaluasi kinerjanya tahun 2020 untuk tahap 3 jadi perlu monitoring dari tim kecamatan.

“Untuk realisasi tahun 2020 tahap 3 salah satunya adalah gedung serbaguna di Sei Lunuk ini,” jelas Manto Susilo.

Kades Sei Lubuk ini berharap pelaksanaan penggunaan anggaran untuk tahun 2020 sesuai dengan aturan yang ada, serta mudah-mudahan tim monitoring dapat memberikan masukan sehingga kedepannya supaya pemerintahan desa lebih baik dalam menata pemerintahan desa.

Ketua Tim Monitoring Kecamatan Bataguh ,Taufik mengatakan bahwa monitoring dan evaluasi ini adalah kegiatan rutinitas yang setiap tahun mereka laksanakan sesuai tahapan

Baca Juga :  Bakar Lorong Pasar, Dua Warga Kapuas Diringkus Polisi

“Adapun monitoring yang dilaksanakan itu adalah dalam penggunaan ADD/DD, sumber-sumber lain seperti pajak dan pendapatan desa lainnya, itu yang dievaluasi sampai di mana administrasi, sampai di mana pelaksanaan fisiknya,” ujar Taufik.

Dalam pelaksanaan monitoring ini terdapat hal-hal yang perlu dirubah diperbaiki, ada yang salah diper baiki, ada yang kurangnya kita tambahi , itu yang perlu penyempurnaan.

“Tujuan kita adalah pengawasan dan pembinaan sesuai aturan. yang kami koreksi adalah fisiknya mengenai administrasinya, BUMDes nya, asetnya dan pembinaan administrasi pemerintahanan umum,”

“Selama adanya monitoring ini ada peningkatan grafiknya jauh sebelum adanya monitoring, ini kami lakukan sejak tahun 2017 terhadap 14 desa di Kecamatan Bataguh.”tandas Taufik.(yan/rif)

Share :

Baca Juga

Kapuas

Kesra Bakal Programkan Kota Layak Anak di Kapuas

Kapuas

Simpan Sabu, Tiga Warga Selat Kapuas Diringkus Polisi

Kapuas

Pengendara Motor Tewas Disambar Truk Dum

Kapuas

Ancam Wartawan, Oknum Kades Dadahup Dilaporkan ke Polisi

Kapuas

Dinas PUPRPKP Kapuas Rilis Capaian Kegiatan Tahun 2020

Kapuas

Ditinggal Sesaat, Rumah dan Motor Hangus Terbakar

Kapuas

Pemeriksaan di Pos Perbatasan Kalselteng Diintensifkan

Kapuas

Ribuan Anak PAUD Ikuti Manasik Haji
error: Content is protected !!