Home / Kotim

Selasa, 23 Februari 2021 - 22:20 WIB

PT KMA Dinilai Abaikan Putusan Menteri Agraria

SAMPIT, KaltengEkspres.com– Warga Desa Pahirangan Kecamatan Mentaya Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang tergabung didalam Koperasi Garuda Maju Bersama, tetap bersekukuh melakukan pemortalan di wilayah perkebunan sawit PT. Karya Makmur Abadi (KMA).

Mereka mengambil sikap tersebut demi tuntutan atas kesepakatan yang tertuang didalam Surat Keputusan (SK) Hak Guna Usaha (HGU) yang di terbitkan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional pada tahun 2016 lalu.

Madi selaku anggota Koperasi Garuda Maju Bersama mengatakan, bahwa sampai saat ini hasil kesepakatan itu belum juga realisasi. Bahkan PT. KMA seakan mengabaikan perjanjian yang telah ditanda tangani oleh Sofyan A djalil selaku Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional.

Baca Juga :  Wow!! Ribuan Barbuk Kejahatan Narkoba dan Miras di Kotim Dimusnahkan

“Kami hanya meminta kepada PT KMA agar dapat merealisasikan kesepakatan yang tertuang didalam SK HGU yang di terbitkan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional tersebut.”ungkapnya, Selasa (23/2).

Padahal tambah Madi, tanpa adanya kesepakatan tersebut PT KMA tidak akan mendapat Izin HGU. Atas dasar itu lah pihaknya meminta agar PT KMA mentaati SK HGU yang diterbitkan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional tersebut.

Baca Juga :  BOOSS Peduli Kotim Bantu Warga Penderita Tumor

“Kita masyarakat merasa dibodohi, padahal perjanjian atau kesepakatan yang diterbitkan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional itu sudah jelas, jika tidak juga di realisasikan sama saja PT KMA mempermalukan Negara ini, sebab para investor hanya ingin membodohi masrayakat demi sebuah investasi namun telah mengesampingkan tanggung jawab nya kepada warga setempat,”tandasnya.

Sementara itu terpisah saat berupaya dihubungi, pihak PT KMA belum bersedia memberikan keterangan. (Ry)

Share :

Baca Juga

Kotim

Scanner Sidik Jari Disdukcapil Rusak, Puluhan Warga Pulang Dengan Kecewa

Kotim

Minta Dimediasi, Kades Dua Desa Surati Bupati Kotim

Kotim

Truk Box Hantam Truk CPO, Dua Orang Kritis

Kotim

Lahir dari Masyarakat, Jadi Eratkan Hubungan TNI dan Rakyat

Kotim

Sidang Praperadilan Mantan Kepala BPN Mulai Panas, Dua Belah Pihak Bersekukuh

Kotim

Bandar Sabu Sekaligus Penadah Ban Truk Curian Diringkus Polisi

Kotim

Kapolres Kotim Ajak Masyarakat Aktifkan Siskamling

Kotim

Pelaku Pembunuh Mayat di Dalam Terpal di Bekuk di Baamang
error: Content is protected !!