Home / DPRD Provinsi Kalteng

Rabu, 3 Februari 2021 - 13:40 WIB

Masyarakat Minta Gunung Lumut Jadi Cagar Budaya

Anggota DPRD Kalteng Hj. Sri Neni Trianawati.

Anggota DPRD Kalteng Hj. Sri Neni Trianawati.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Masyarakat Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara (Barut) meminta kepada pemerintah untuk menetapkan wilayah Gunung Lumut sebagai salah satu cagar budaya.

Hal tersebut diungkapkan oleh wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Kalimantan Tengah (Kalteng) IV, yang meliputi Kabupaten Barut, Murung Raya (Mura), Barito Timur (Bartim) dan Barito Selatan (Barsel), Hj. Sri Neni Trianawati pada saat melakukan reses beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga :  Komisi III Tinjau Pendistribusian Vaksin di Kapuas

“Saat kita reses ke Kabupaten Barut, khususnya ke Kecamatan Gunung Timang, ada usulan agar di daerah itu ditetapkan menjadi salah satu cagar budaya, khususnya gunung Lumut,” katanya, Rabu (3/2/21).

Politisi Partai Golkar ini mengatakan, berdasarkan informasi masyarakat setempat, di kawasan Gunung Lumut tersebut kerap terjadi pencurian kayu serta hasil alam oleh oknum pengusaha yang beroperasional di kawasan setempat. Untuk itu, guna menghindari pengrusakan alam, masyarakat setempat mendorong pemerintah segera melakukan tindakan untuk menetapkan Gunung Lumut sebagai salah satu cagar budaya.

Baca Juga :  Bentuk Dukungan, Dewan Ikut Pra Event UCI MTB

“Dari penjelasan masyarakat setempat, kalau dibiarkan akan banyak pengusaha yang mengambil kayu dari wilayah tersebut. Tentu ini akan berdampak buruk terhadap lingkungan serta kelestarian alam kita ya. Jadi saya minta pemerintah segera menindaklanjuti permasalahan tersebut,” pungkasnya. (Ra)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Awasi Penyaluran Dana Bansos

DPRD Provinsi Kalteng

Proyek Pembangunan Ruas Jalan Wilayah Kotim Dikritik 

DPRD Provinsi Kalteng

DPRD Kalteng Monitoring Penyusunan Anggaran Kapuas

DPRD Provinsi Kalteng

Masyarakat Diimbau Waspada Varian Baru XBB

DPRD Provinsi Kalteng

Diperlukan Netralitas ASN di Pemilu 2024

DPRD Provinsi Kalteng

Raperda RTRWP Kalteng Perlu Kajian Mendalam

DPRD Provinsi Kalteng

DPRD Kalteng Sepakat Raperda Pajak dan Retrebusi Jadi Perda

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan RDP dengan KONI Kalteng