Home / Kobar

Senin, 22 Februari 2021 - 10:30 WIB

Kejari Kobar Ajukan Kasasi Atas Putusan Bebas PT KS

Kajari Kobar Dandeni saat memberikan pernyataan kepada awak media, Minggu (21/2).

Kajari Kobar Dandeni saat memberikan pernyataan kepada awak media, Minggu (21/2).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kotawaringin Barat (Kobar) kecewa dengan putusan bebas yang dijatuhkan Pengadilan Negeri (PN) Pangkalan Bun dalam perkara kebakaran hutan dengan mendudukan terdakwa dari pihak korporasi PT Kumai Sentosa (KS).

Tak terima atas putusan ini, Kejari Kobar mempersiapkan upaya hukum selanjutnya untuk melayangkan kasasi ke Mahkamah Agung (MA).

“Kita sangat menyayangkan atas putusan ini, karena tidak mencerminkan dukungan hakim PN Pangkalan Bun terhadap upaya pemberantasan dan penanganan karhutla di Indonesia khususnya Kalimantan Tengah ini yang menjadi atensi nasional dengan dimotori oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI,”ungkap Kepala Kejari Kobar Dandeni Hardiana Minggu (21/2/2021).

Baca Juga :  Dua Partai Diisukan Dukung Hamdani Maju Pilkada Seruyan

Terlebih lagi lanjut dia, dampak yang ditimbulkan dari perbuatan pihak perusahaan dalam perkara ini sangat besar, yakni mencapai Rp.950 miliar lebih. Hal ini tentunya menjadi preseden buruk bagi penegakan hukum dalam memberantas kebakaran hutan dan lahan ke depannya yang dilakukan oleh korporasi.

“Putusan hakim ini dikhawatirkan semakin meneguhkan tuduhan bahwa hukum hanya tajam ke masyarakat biasa sebagai penyebab kebakaran hutan tapi tidak terhadap korporasi atau perusahaan besar,”ujarnya kepada awak media.

Baca Juga :  Komplek Puntun Diamuk Jago Merah

Kendati demikian lanjut dia, pihaknya belum menyerah, karena masih ada upaya hukum yang bisa dilakukan yaitu dengan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

“Kami berharap Hakim Agung MA nantinya bisa memeriksa perkara ini dan bersikap seadil-adilnya,”tandasnya. (wir)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggungjawab kaltengekspres.com.

Share :

Baca Juga

Kobar

Pengidap Epilepsi Ditemukan Tewas Mengapung di Parit

Kobar

Penyelundupan 1,5 Juta Batang Rokok Illegal Digagalkan Bea Cukai Pangkalan Bun

Kobar

Residivis Pencuri Ponsel Dibekuk Polisi

Kobar

Laka Tunggal, Dua Kakek Luka Parah

Kobar

Meski Minta Maaf, Proses Hukum Oknum Guru Berlanjut

Kobar

Digerebek Warga, Lima Remaja Diamankan Satpol PP

Kobar

Mobil Jazz Hantam Pembatas Tepi Jalan, Dua Orang Terluka

Kobar

Tabrak Gerombolan Sapi, Pengendara Berboncengan Terkapar, Satu Tewas di TKP