Home / Kotim

Sabtu, 13 Februari 2021 - 15:00 WIB

Evakuasi Orangutan Masih Tunggu Intruksi

Tim rescue BKSDA Kalimantan Tengan, saat menangkap orangutan yang masuk keperkebunan warga di KM 11 Jalan Jenderal Sudirman Sampit, beberapa waktu lalu.

Tim rescue BKSDA Kalimantan Tengan, saat menangkap orangutan yang masuk keperkebunan warga di KM 11 Jalan Jenderal Sudirman Sampit, beberapa waktu lalu.

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Menyikapi keberadaan orangutan yang bersarang di kebun karet warga RT 23 RW 07 Desa Basirih Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), BKSDA Pos Sampit, telah mempersiapkan langkah-langkah untuk melakukan evakuasi.

“Hanya saja proses evakuasi saat ini masih menunggu intruksi dari Kantor SKW II Pangkalan Bun Kabupaten Kobar. Karena hal itu sudah kita laporkan ke pimpinan. Mudah-mudahan segera diselamatkan dan di translokasi/ dipindahkan ke tempat yang lebih baik,” ungkap Muriansyah, saat di konfirmasi, Sabtu (13/2/2021).

Baca Juga :  Ketua DPRD Kotim Diundang Jadi Bintang Tamu Mata Nazwa

Ia menjelaskan, berdasarkan keterangan warga yang melaporkan, total orangutan ada sebanyak 6 ekor, berada di kebun karet milik warga dan berpindah dari satu kebun ke kebun lain.

“Hewan ini memakan nanas yang di tanam warga di bawah pohon karet. Posisi mereka tidak bergerak jauh karena lokasi sudah tidak ada hutannya,”paparnya.

Baca Juga :  Sering Teror Ternak,Ular Piton Ini Ditangkap Warga

Sebelumnya, BKSDA bersama tim rescue pada minggu (31/1/2021) lalu, juga telah mengevakuasi 3 ekor orangutan di dua lokasi di Kotim, yakni di kilometer 11 jalan Jenderal Sudirman Sampit-Pangkalan Bun, dan di Desa Lempuyang Kecamatan Teluk Sampit.

Seringnya hewan dilindungi ini muncul memasuki wilayah perkampungan warga, karena binatang tersebut mulai kesulitan mencari makanan. (by)

Share :

Baca Juga

Kotim

Warga Jaya Kelapa Terciduk Saat Asyik Mencuri Sarang Burung Walet

Kotim

Dandim 1015 Sampit : TMMD Tidak Sebatas Bangun Fisik, Tapi Juga Membangun Kepercayaan

Kotim

BPJS Kesehatan Sampit Buka Layanan Pendaftaran melalui Aplikasi Whatsapp

Kotim

Budidaya Ikan Jelawat di Kotim Terkendala Kualitas Air

Kotim

Satgas TMMD Gelar Khataman Al Qur’an

Kotim

Pria Misterius Ditemukan Tak Bernyawa, Ini Identitasnya

Kotim

Dilintasi Truk CPO, Kerusakan Jalan HM. Arsyad Tambah Parah

Kotim

Dispar Kotim Gagas Pembuatan Buku Sejarah Kerajaan Sampit