Home / Metro Palangka Raya

Jumat, 29 Januari 2021 - 16:59 WIB

Cegah Kebakaran Gambut, BNF Luncurkan Drone Center

 Wakil Direktur I BNF, Yunsiska pada saat memberikan sambutan, Jumat (29/1/2021). Foto : Ra

Wakil Direktur I BNF, Yunsiska pada saat memberikan sambutan, Jumat (29/1/2021). Foto : Ra

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Borneo Nature Foundation (BNF) Indonesia bersama dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Lahan Gambut (LLG) CIMTROP Universitas Palangka Raya dan Liverpool John Moores University (LJMU), meluncurkan drone centre, guna mengoptimalkan mitigasi kebakaran lahan gambut di Kalimantan Tengah (Kalteng), di Luwansa Hotel, Palangka Raya, Jum’at (29/1/2021).

“Kita semua tahu, setiap musim kemarau dengan Elnino yang cukup panjang, bencana yg kerap terjadi di Kalteng itu kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Untuk itu kami lembaga yang peduli terhadap konservasi lingkungan, mengembangkan teknologi drone untuk mitigasi bencana karhutla di Kalteng,” kata Wakil Direktur I BNF, Yunsiska, pada saat diwawancarai usai peresmian drone centre.

Baca Juga :  Dikejar Polisi, Pelaku Balap Liar Serempet IRT

Dijelaskan, penerapan teknologi drone dalam upaya mitigasi bencana, dapat bermanfaat untuk memetakan titik api dan daerah rawan terjadi karhutla hingga dapat membantu mencari jalur evakuasi bagi petugas pemadam yang terjebak kobaran api.

“Jadi penerapan teknologi drone ini bisa membantu petugas yang ada di lapangan untuk mengetahui berapa luasan lahan yang terbakar hingga mencari tahu titik koordinat dimana terjadinya kebakaran,” ucapnya.

Baca Juga :  Menyamar Jadi Petugas Medis, Pencuri Gasak Ribuan Masker di Dinkes Kalteng

Lebih lanjut dijelaskan, penerapan teknologi drone tersebut dapat menjangkau hingga 50 hektare hanya dalam waktu 15 menit, dapat menembus area yang sulit dijangkau oleh para petugas, serta bisa mendapatkan data secara cepat dan akurat.

“Jadi untuk yang pertama ini kami memfokuskan penerapan teknologi drone untuk di wilayah Sebangau. Namun jika ada pihak lain, seperti pemerintah daerah yang ingin ikut mengembangkan teknologi ini, kami tentu sangat terbuka sehingga upaya mitigasi bencana ini dapat semakin luas,” pungkasnya. (Ra)

Share :

Baca Juga

Metro Palangka Raya

Waspada Menyewakan Mobil Rental

Metro Palangka Raya

Ibu Rumah Tangga di Palangka Raya Nekat Jadi Pengedar Sabu

DPRD Kota

Empat Raperda Penting Segera Dibahas

DPRD Kota

Sofie Andriany Ketua Fraksi Perindo-PSI di DPRD Kota Palangka Raya

Metro Palangka Raya

Bocor Tabung Gas, Barak Lima Pintu Nyaris Terbakar

Metro Palangka Raya

Pengedar Sabu Kelurahan Pahandut Diringkus Polisi

DPRD Kota

Manfaatkan Pekarangan Rumah Sebagai Wadah Budidaya Ikan

Metro Palangka Raya

Hasil Rapid Test Massal Gratis di Bundaran Besar, 9 Orang Reaktif
error: Content is protected !!