Home / Kobar / Pemkab Kobar

Jumat, 29 Januari 2021 - 16:33 WIB

7 Rumah Warga Keraya Dihantam Ombak

Wabup Kobar Ahmadi Riansyah saat meninjau lokasi kejadian bersama petugas dari BPBD Kobar dan instansi terkait lainnya Jumat (29/1).

Wabup Kobar Ahmadi Riansyah saat meninjau lokasi kejadian bersama petugas dari BPBD Kobar dan instansi terkait lainnya Jumat (29/1).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Sedikitnya 7 rumah warga Desa Keraya Kecamatan Kumai Kabupaten Kobar, yang berada tak jauh dari bibir Pantai Keraya terkena hantaman gelombang setinggi 3 meter dan abrasi, akibat cuaca ekstrim yang terjadi, Kamis (28/1/2021) malam.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kobar Reneli ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.

Menurut dia, seusai menerima laporan dari warga Keraya pihaknya bersama dengan instansi terkait lainnya langsung mendatangi lokasi kejadian untuk mendata rumah yang terdampak terjangan gelombang dan abrasi pantai tersebut.

Baca Juga :  Dua Pekan, UKK Imigrasi Kobar Diserbu Ratusan Pemohon Paspor

“Dari hasil pendataan di lapangan, diketahui jumlah rumah yang terdampak ada 7 unit. Semuanya terkena gelombang ekstrim dan abrasi, karena pemecah ombak telah terkikis sehingga ombak langsung menghantam rumah yang  berada persis di bibir pantai,”ungkap Reneli kepada awak media ini, Jumat (29/1/2021).

Saat ini lanjut dia, pihaknya bersama tim gabungan telah menangani bencana ini dengan mengambil langkah penanggulangan jangka pendek yakni mendirikan posko di lokasi setempat dan gotong-royong membuat pemecah ombak dari pasir diisikan ke dalam karung yang dipasang dibibir pantai.

Baca Juga :  Dua Hari Dibuka, Job Fair Diserbu Ribuan Pelamar

Setelah itu selanjutnya dilakukan koordinasi agar menggelar rapat dengan pemerintah daerah dan dinas terkait untuk penanganan jangka panjang agar gelombang ekstrem dan abrasi tersebut tidak lagi menghantam pemukiman warga. (wir)

Share :

Baca Juga

Kobar

Sadis..Bangkai Orangutan Ditemukan Penuh Luka Berondong Peluru

Kobar

Ratusan Personel Polres Kobar Ikuti Rapid Test Massal 

Kobar

Astaga!! Meriam Kuno Ini Ditemukan Warga Dipinggir Sungai

Hukum Kriminal

Polisi Amankan 22 Orang Tak Patuh Pencegahan Corona

Kobar

Waspada Pelaku Gendam Berkeliaran di Kobar

Kobar

Gubernur Kalteng dan Bupati Kobar Dianugerahi Warga Kehormatan Korpaskhas

Kobar

Rumah Kosong di Kelurahan Sidorejo Berkobar

Kobar

Dua Peladang Dipidana, Aman dan Mahasiswa Gelar Aksi Unjuk Rasa