Home / DPRD Kota

Selasa, 24 November 2020 - 16:17 WIB

Pengelolaan Limbah Medis Harus Optimal

Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A. Lambung

Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A. Lambung

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung mendorong pihak terkait melakukan manajemen pengelolaan limbah medis yang baik.

Pasalnya, selama pandemi Covid-19, limbah medis diperkirakan meningkat. Satu pasien Covid-19 berkontribusi kepada kurang lebih 14,3 kilogran limbah medis setiap hari.

“Situasi ini memang sangat riskan dan berdampak negatif jika tidak dikelola dengan baik,” kata Nenie, Selasa (24/11/2020).

Politisi Partai PDI Perjuangan ini mengingatkan, agar masyarakat juga dapat diberikan edukasi dalam membuang limbah masker medis. Pasalnya, dalam hal ini, pekerja di sektor informal, seperti pemulung dan pengumpul barang bekas sangat rentan tertular penyakit dari aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, edukasi tentang sistem pengelolaan pengumpulan limbah kepada pekerja di sektor formal maupun informal, sangat penting dilakukan.

Baca Juga :  Dewan Imbau Pengguna Transportasi Air Utamakan Keselamatan

“Saat ini kan banyak masyarakat yang menggunakan masker medis agar lebih aman dalam melakukan ativitas sehari-hari, dan itu limbahnya mereka membuangnya di Tempat Pembuangan Sementara (TPS), yang biasanya jadi wadah para pemulung mencari barang-barang bekas. Itu kan beresiko bagi para pemulung. Bagaimana jika ada masyarakat yang terkena flu lalu membuang maskernya di TPS, pemulung itu rentan tertular,” ucapnya.

Baca Juga :  Komisi A Dorong Pemko Sediakan Lokasi Khusus PKL

Bahkan, terkait hal ini, Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bahkan telah menerbitkan Surat edaran (SE) Nomor 2 Tahun 2020 yang menjadi pedoman penanganan limbah infeksius dan pengelolaan sampah rumah tangga guna mengedukasi masyarakat tentang bagaimana memperlakukan limbah yang baik dan benar. Ditambah pedoman yang diterbitkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait pedoman pengelolaan limbah rumah sakit rujukan, rumah sakit darurat dan puskesmas yang menangani pasien Covid-19. (Ra)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Dewan Dorong Pemkot Segera Buat Perda Penggunaan Plastik

DPRD Kota

Komisi A Dorong Pemko Sediakan Lokasi Khusus PKL

DPRD Kota

Pemberian Sanksi Diharapkan Secara Humanis dan Persuasif

DPRD Kota

Masyarakat Diminta Waspada Karhutla

DPRD Kota

Komisi C Dorong Perketat Antisipasi Virus Corona

DPRD Kota

Disperkim Kota Diminta Pangkas Pohon Tua

DPRD Kota

Dewan Kota Ajak Warga Tak Bakar Lahan

DPRD Kota

Cegah DBD, Masyarakat Diimbau Berantas Sarang Nyamuk
error: Content is protected !!