Home / Katingan

Rabu, 25 November 2020 - 21:31 WIB

Nekat Terjang Banjir, Mobil Rokok Terseret Arus 

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Kabupaten Katingan pada beberapa bulan lalu sudah mengalami musibah banjir besar dan hampir di semua wilayah Kecamatan terendam air. Namun, musibah banjir musiman itu kembali terjadi lagi karena tingginya curah hujan dalam beberapa hari yang lalu dan membuat meluapnya Daerah Aliran Sungai Katingan.

Terutama musibah banjir ini berdampak pada beberapa wilayah bagian hulu atau wilayah Utara, di beberapa desa yang masuk wilayah Kecamatan Katingan Hulu, Kecamatan Marikit dan kecamatan Sanaman Mantikei serta di Kecamatan Katingan Tengah.

Khususnya Kecamatan Katingan Tengah, akibat banjir tersebut menyebabkan beberapa permukiman rumah warga terendam banjir, bahkan satu buah mobil rokok hayut terbawa arus air akibat nekat menerobos jalan yang tergenang banjir, pada Selasa 24 November 2020 kemaren. Mobil berhasil dievakuasi oleh pihak Kepolisian dan TNI serta dibantu puluhan masyarakat setempat yang membantu.

Baca Juga :  Dewan : Aset Daerah Perlu Perawatan

Camat Katingan Tengah, Yobie Sandra, membenarkan kejadian dan terjadi Lokasi di belakang Desa Samba Bakumpai di ruas jalan Kabupaten menuju Desa Tumbang Kaman.

” Untuk mobil, Alhamdullilah sudah berhasil di evaluasi oleh warga pada hari ini. Dan di wilayah Kecamatan Katingan Tengah mulai pagi tadi sudah mulai mengalami penurunan atau surut. Meskipun ada beberapa wilayah terutama di Desa Samba Bakumpai dan Kelurahan Samba Kahayan yg masih tergenang air,” jelas Camat Katingan Tengah, Yobie Sandra, saat di konfirmasi KaltengEkspres.com, Rabu 25 November 2020.

Terkait musibah banjir ini, Yobie Sandra, mengatakan pihaknya selalu ber koordinasi dengan pihak BPBD Kabupaten dan Dinas Kesehatan melalui UPTD Puskesmas Tumbang Samba dalam rangka mengantisipasi musibah yang sekarang terjadi.

Baca Juga :  Banjir Rendam Katingan Tengah

“Semua selalu stanby, apabila ada permintaan bantuan dari desa-desa yang terdampak kita selalu siap membantu. Saya harapkan kepada masyarakat Kecamatan Katingan Tengah untuk tetap selalu waspada terhadap banjir ini. Meskipun kita tau bersama, bahwa hal ini adalah hal yang rutin selalu dihadapi oleh masyarakat setiap tahun. Karena wilayah kita merupakan muara pertemuan dua sungai besar yaitu sungai Katingan dan Sungai Samba,” jelas Yobie Sandra.

Lanjutnya menambahkan, apalagi tahun ini cuaca tidak bisa diprediksi. Bahkan untuk bulan ini saja sudah dua Kecamatan Katingan Tengah mengalami kebanjiran akibat luapan sungai Katingan dan sungai Samba. ” Hal ini adalah karena hujan dihulu kedua sungai yang dimaksud, apalagi saat ini kita sudah memasuki musim penghujan,” pungkasnya. (ans)

Share :

Baca Juga

Katingan

I Gede Putu Jabat Kapolres Katingan, Ini Harapan Bupati

Katingan

Koyem Siap Maju di Pilgub Kalteng 2024

Katingan

Satpol PP Diminta Proaktif Sosialisasi Perda

Katingan

Polres Katingan Gagalkan Penggelapan Kayu Illegal

Katingan

Tragis, ASN Katingan Tewas Dibacok Saudaranya

Katingan

UPT-PPD, Jasa Raharja dan Satlantas Razia Bersama

Katingan

Pelaku Curanmor Dibekuk Polisi

Katingan

P3MD Peduli Bencana Nasional Galang Dana