Home / Pemprov Kalteng

Jumat, 20 November 2020 - 15:55 WIB

Kalteng Siap Hadapi Bencana Banjir

 Suasana rapat Penyusunan Pedoman Penetapan Status Keadaan Darurat Bencana Banjir, Angin Puting Beliung dan Tanah Longsor di Wilayah kalteng, BPBPK Kalteng. (Poto: MMC Kalteng)

Suasana rapat Penyusunan Pedoman Penetapan Status Keadaan Darurat Bencana Banjir, Angin Puting Beliung dan Tanah Longsor di Wilayah kalteng, BPBPK Kalteng. (Poto: MMC Kalteng)

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) saat ini tengah menghadapi cuaca ekstrim, yang dikhawatirkan dapat menyebabkan sejumlah bencana, seperti banjir, angin puting beliung, dan longsor.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng, melalui Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalteng, melakukan sejumlah upaya guna menghadapi bencana-bencana tersebut. Salah satunya, yakni melakukan Rapat Koordinasi Penyusunan Pedoman Penetapan Status Keadaan Darurat Bencana Banjir, Angin Puting Beliung dan Tanah Longsor di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020.

Baca Juga :  Lindungi Hutan Kalteng dan Ekosistemnya

“Dan kita telah sepakat terhadap rancangan Pedoman Penetapan Status Kedaruratan Bencana Banjir, Banjir Bandang, Cuaca Ekstrim dan Tanah Longsor di Wilayah Kalteng, untuk diproses lebih lanjut sesuai ketentuan yang berlaku. Kami juga segera mengkoordinasikan dengan Kabupaten/Kota dalam hal ini BPBD Kabupaten/Kota dan Instansi terkait untuk mendapatkan masukan perbaikan dan kesepakatan teknis bersama,” Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah H. Darliansjah, melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Erlin Hardi, Jum’at (20/11/2020).

Baca Juga :  Program Food Estate di Kalteng Miliki Nilai Ekonomi Sangat Menjanjikan

Lebih lanjut dijelaskan, terkait kondisi di tahun 2020, BNPB telah menyampaikan suatu analisis yang tertuang dalam Surat Edaran BNPB Nomor: B.143/BNPB/D II/PK.03.02/09/2020 tanggal 23 September 2020. Berdasarkan surat edaran tersebut, berisikan tentang Peringatan Dini dan Langkah-Langkah Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Bencana Banjir, Banjir Bandang dan Tanah Longsor.

“Dengan demikian, upaya-upaya pencegahan, kesiapsiagaan dan penanganan Bencana Banjir di tahun 2020 harus ditingkatkan dan semakin baik,” pungkasnya. (Ra)

Share :

Baca Juga

Metro Palangka Raya

Mensos RI Tinjau Korban Banjir Palangka Raya

Pemprov Kalteng

Gubernur Sugianto Semangati Warga Bertani

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Perketat Pengawasan Pintu Masuk Wilayah Kalteng

Pemprov Kalteng

Pj Sekda Kalteng Buka Kegiatan MTBS

Pemprov Kalteng

Diskop UMKM Kalteng Bantu Pasarkan Masker Kain Buatan Masyarakat

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Minta Pemulihan Perekonomian Harus Berjalan

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Siapkan Tiga Program Pencegahan Stunting

Metro Palangka Raya

Gubernur Harapkan Presiden Resmikan Bandara Tjilik Riwut