Home / DPRD Kota

Rabu, 11 November 2020 - 18:41 WIB

Dewan Minta Masyarakat Kurangi Penggunaan Plastik

 Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A. Lambung. Foto : Ra

Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A. Lambung. Foto : Ra

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A. Lambung meminta kepada seluruh masyarakat, agar dapat mengurangi penggunaan sampah kantong plastik, sebagai salah satu upaya menjaga lingkungan yang sehat.

Pasalnya, sampah plastik yang dibuang membutuhkan waktu lama untuk terurai secara alami. Sehingga sangat berdampak buruk terhadap lingkungan.

“Banyak alternatif yang lebih ramah lingkungan selain menggunakan plastik sekali pakai. Bisa dengan tas lipat, atau keranjang belanjaan. Atau bisa juga menggunakan tumbler sebagai ganti minuman berkemasan botol plastik,” ucapnya, Rabu (11/11/2020).

Baca Juga :  Dewan Dorong Pemko Maksimalkan Pembangunan Sektor Pertanian

Namun, sambung Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, untuk melakukan perubahan terhadap kebiasaan masyarakat memang memerlukan waktu. Terlebih yang berkaitan adaptasi masyarakat  dalam membiasakan diri tidak menggunakan kantong plastik satu kali pakai, atau mengganti dengan wadah lain yang aman.

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya harus dapat mencontoh sejumlah daerah di Indonesia, yang telah membuat kebijakan khusus terkait pembatasan penggunaan kantong plastik. Kebijakan tersebut tentunya tidak sulit diterapkan apabila semua pihak memiliki niat untuk memulai.

Baca Juga :  Dewan Minta Pemko Palangka Raya Dukung Sapras PMI

“Daerah lain banyak yang sudah menerapkan, maka dari itu kita di Kota Palangka Raya juga bisa, meskipun secara perlahan-lahan,” pungkasnya. (Ra)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggungjawab kaltengekspres.com.

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Dewan Minta Perbankan Perketat Keamanan ATM

DPRD Kota

Apresiasi Langkah Cepat Pemko Atasi Banjir

DPRD Kota

Nakes dan Tim Satgas Diharapkan Semangat

DPRD Kota

Manfaatkan Pekarangan Rumah Sebagai Wadah Budidaya Ikan

DPRD Kota

Dewan Dukung Penggunaan QRIS di Pasar Ramadan

DPRD Kota

KLA Harus Didukung dengan Anggaran

DPRD Kota

Dewan Harapkan Wali Kota Tata Pembangunan Kota Lebih Maju

DPRD Kota

Dewan Minta Perusahaan Taati Aturan Pemerintah