Home / Gunung Mas

Kamis, 12 November 2020 - 20:30 WIB

Antisipasi Covid-19 Polres Gunung Mas Gencarkan Kampanye Prokes

Kapolres Gunung Mas, AKBP Rudi Asriman, SIK

Kapolres Gunung Mas, AKBP Rudi Asriman, SIK

KUALA KURUN, KaltengEkspres.com – Untuk membantu pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah, Polres Gunung Mas gencar mengkampanyekan protokol kesehatan (Prokes) kepada warga setempat.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman, S.I.K., di ruang kerjanya di Mapolres Gumas Kuala Kurun, Kamis (12/11/2020) siang.

“Polres Gunung Mas bersama Polsek jajaran di daerah akan terus menkampanyekan protokol kesehatan (Prokes) yang meliputi himbauan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” kata Rudi Asriman.

Dijelaskan, berdasarkan data terakhir, kasus korban terpapar Virus Corona di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) dalam minggu pertama bulan November 2020 ini bertambah jumlahnya.

“Masalahnya, dari data yang ada diketahui korban positif Covid-19 di Kabupaten Gumas terkenanya bukan dari daerah sekitar sini, tetapi terpapar Covid-19 setelah korban melakukan perjalanan ke luar Gumas seperti ke Palangka Raya, Sampit  dan Banjarmasin bahkan ke Pulau Jawa.,” kata Rudi.

Baca Juga :  Pengedar Sabu dan Pil Ekstasi di Gunung Mas Diringkus Polisi

Dijelaskan, para korban baru sadar terpapar Covid-19 setelah tiba kembali di Gumas. Itu setelah mereka mengalami gejala-gejala Covid-19.

Walau demikian lanjutnya, Polres Gumas bersama tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Gumas tidak akan patah semangat. Justru hal itu menjadi pemacu semangat untuk terus melakukan upaya maksimal dalam pencegahan penyebaran Covid-19 sampai ke polsek-polsek jajaran Polres Gumas.

Rudi mengaku bahwa dirinya telah melakukan koordinasi dengan Bupati Gunung Mas Jaya S. Monong selaku ketua tim gugus tugas Covid-19 dan Forkopimda Kabupaten Gumas untuk mencari solusi yang tepat atas permasalahan tersebut.

Dalam kesempatan itu, pengganti AKBP Yudi Yuliadin ini mengutarakan jika sebelumnya pos-pos Covid-19 didirikan di wilayah perbatasan Gumas dengan daerah lain maka sejak Juli 2020 pos-pos tersebut didirikan di tempat keramaian seperti di Pasar Lama, Pasar Baru dan taman kota Kuala Kurun.

Baca Juga :  Pemuda Rungan Barat Tewas Terkapar Tepi Jalan

“Sengaja pos-pos Covid-19 didirikan di tempat keramaian karena daerah tersebut rawan penyebaran Covid-19. Hal itu dimaksudkan agar lebih efektif pengawasan terhadap masyarakat dalam hal penerapan protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak.  Selain itu setiap pagi dan malam, 2 X sehari serta mobile dilaksanakan kegiatan himbauan protokol kesehatan 3M maupun operasi yustisi bersama dalam pencegahan Covid-19,” terangnya.

Selain itu, tambahnya, pihaknya bersama tim gugus tugas Covid-19 Gumas telah melaksanakan penyemprotan disinfektan dan rapid test terhadap ASN dan pegawai honor kantor dinas Pemkab Gumas. (hs)

 

Share :

Baca Juga

Gunung Mas

Remaja Berusia 16 Tahun di Gumas Tewas Gantung Diri

Gunung Mas

Dua Hari Hilang, Sandro Ditemukan Tewas Mengapung

Gunung Mas

Jasad Ketua PSSI Gumas Ditemukan Terkubur di Pasir

Gunung Mas

Warga Sepang Tewas Dikeroyok Mertua Bersama Kerabat

Gunung Mas

Bandar Sabu Dibekuk Polisi Saat Bertransaksi

Gunung Mas

Pengedar 6 Paket Sabu Gumas Ditangkap di Toko Baju

Gunung Mas

Jual Sabu, Warga Tewah Dibekuk Polisi 

Gunung Mas

Pengedar Sabu dan Inek Diringkus Polisi
error: Content is protected !!