Home / Kotim

Kamis, 1 Oktober 2020 - 11:15 WIB

Petani Semakin Mudah Mengangkut Hasil Panen Berkat TMMD

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Masyarakat Desa Babirah Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah berterima kasih desa mereka menjadi lokasi pelaksanaan TMMD Reguler ke-109.

Masyarakat yang sebagian besar berprofesi sebagai petani, sangat senang karena diperbaikinya jembatan  mereka yang sebelumnya mengalami kerusakan, sehingga kini membuat aktivitas masyarakat menjadi semakin lancar.

Kepala Desa Babirah Julham Effendi mengatakan, dia yakin setelah jembatan selesai diperbaiki dan difungsikan, aktivitas perekonomian masyarakat akan semakin lancar.

“Selama ini kan jalan yang ada ya itu. Kalau jembatan rusak seperti selama ini, warga juga tidak berani membawa barang berat atau besar karena takut saat melintasi jembatan. Kalau jembatan sudah selesai diperbaiki maka aktivitas menjadi lancar,” kata Julham.

Baca Juga :  Wanita Kotim Ini Turut Ditangkap Polisi Saat Penyergapan Bandar Sabu

Julham menjelaskan, infrastruktur di desanya masih terbatas. Jalan darat yang terbatas itu semakin rumit karena sebagian jembatan disejumlah desa bertetangga dalam kondisi rusak sehingga warga harus berhati-hati saat melintas.

Sebagian warga mengandalkan jalur sungai, termasuk untuk aktivitas pertanian. Untuk itulah, perbaikan jembatan yang dilaksanakan dalam TMMD Reguler ke-109 sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Sangat bermanfaat sekali karena jembatan ini juga digunakan anak-anak sekolah, untuk bekerja bekerja seperti PNS atau guru yang mendatangi sekolah. Tidak hanya bagi warga desa sini, tetapi warga desa lainnya karena jalan ini penghubung desa,” ujar Julham.

TMMD Reguler ke-109 dilaksanakan di Desa Bapinang Hilir dan Babirah mulai 22 September hingga 21 Oktober. Sebanyak 150 personel dilibatkan terdiri dari anggota TNI, Polri dan masyarakat yang bekerja secara gotong-royong.

Baca Juga :  Masyarakat Disediakan Jembatan Darurat Selama Kegiatan TMMD

Setidaknya ada lima sasaran fisik yang ditetapkan dicapai yaitu perbaikan jembatan Handil Gayam berukuran panjang 15,30 meter dan lebar 3,80 meter yang berlokasi RT 11/ RW 4 Desa Bapinang Hilir.

Sasaran jembatan Handil Samsu berukuran panjang 42 meter dan lebar 3,80 meter berlokasi di RT 12/ RW 4 Desa Bapinang Hilir. Sasaran jembatan Sie Babirah berukuran panjang 42 meter dan lebar 3,80 meter RT 07/ RW 03 Desa Babirah.

Sasaran fisik lainnya yaitu perbaikan Musala Al Hidayah berukuran panjang 6,50 meter dan lebar 6,50 meter di Desa Bapinang Hulu dan pembangunan pos terpadu. (adv)

Share :

Baca Juga

Kotim

Satgas TMMD Bersama Warga Bongkar Jembatan Desa Babirah

Kotim

TMMD 109 Juga Gelar Turnamen Bola Voli

Kotim

Kadis Ketahanan Pangan Kotim Tutup Usia

Kotim

Peringati HUT Korps Polairud, Ditpolair Polda Kalteng Syukuran

Kotim

TMMD Hadir untuk Kesejahteraan Masyarakat

Kotim

Terciduk Jual Sabu, Sopir Truk Diringkus Polisi

Kotim

Ditabrak Truk Pupuk, Armada CPO Nyungsep ke Parit, Sopir Patah Kaki

Kotim

Tabrak Median Jalan, Mobil Triton Terguling