Home / Metro Palangka Raya

Sabtu, 22 Agustus 2020 - 21:18 WIB

Lestarikan Budaya Adat, Polda Kalteng Gelar Lomba Menyumpit

Lomba menyumpit yang digelar Polda Kalteng untuk melstarikan budaya lokal, Sabtu (22/8/2020). Foto : Am

Lomba menyumpit yang digelar Polda Kalteng untuk melstarikan budaya lokal, Sabtu (22/8/2020). Foto : Am

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Tengah dalam menyemarakkan HUT RI Ke 75 menggelar lomba menyumpit yang diadakan di Lapangan tembak Polda Kalteng, Sabtu (22/8/2020) Pukul 09.00 WIB.

Kali ini dalam melestarikan kearifan lokal Polda Kalteng menggelar lomba menyumpit yang selama ini terkenal sebagai senjata tradisional suku Dayak Kalimantan Tengah.

Lomba yang digelar oleh Polda Kalteng melalui Direktorat Samapta Polda Kalteng bertujuan untuk selalu melestarikan kebudayaan lokal kususnya di Kalimantan Tengah yang diikuti oleh Polres Jajaran se-Kalteng.

Dalam acara ini dihadiri oleh pejabat utama Polda Kalteng dan sebelum dimulai terlebih dahulu Wakapolda Brigjen Pol Indro Wiyono membuka acara tersebut dengan doa bersama.

Baca Juga :  BTNS dan BNF Perluas Jangkauan Tanam

Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs Dedi Prasetyo melalui Ditsamapta Kombes Pol Susilo Wardono mengatakan, perlombaan ini digelar dalam menyemarakkan HUT RI Ke 75 Polda melalui Direktorat Samapta Polda Kalteng.

“Lomba sumpit ini digelar dan diikuti Polres Jajaran dan dilombakan di tingkat Polda Kalteng,” kata Kombes Pol Susilo Wardono.

Dalam lomba ini ada dua kelas yakni dari Putra dan Putri yang diikuti oleh Polki dan Polwan dari perwakilan setiap Polres.

Dalam setiap sesi, terdapat jarak 10 meter sampai 15 meter. Selain diadakan perlombaan menyumpit, peserta juga memperlombakan pakaian etnik terbaik.

Baca Juga :  Murid SD yang Sempat Dibawa Om-om Seperti Dihipnotis

Salah satu peserta lomba dari Polres Kotawaringin Barat Bripka Novalisa menuturkan, perlombaan sumpit dengan memperagakan alat senjata lokal ini dapat mengembangkan kebanggaan dan menumbuhkan rasa cinta terhadap adat Kalimantan Tengah.

“Sumpit ini adalah senjata yang sering digunakan masyarakat Kalimantan Tengah saat berburu ketika berada di dalam hutan,” kata Novalisa.

Jenis sumpit ini terbuat berbagai macam dari kayu seperti, tampang, Ulin,plepek,resak dan tabalien dengan ukuran panjang 1-5 meter. (Am)

Share :

Baca Juga

Metro Palangka Raya

Tiga Kabupaten Bakal Digelar PSU

Metro Palangka Raya

Bangunan Mebel di Jalan Garuda Induk Diamuk Jago Merah 

Metro Palangka Raya

Tolak Transmigrasi Baru, ADB Geruduk Kantor Disnakertran Kalteng 

Metro Palangka Raya

Mabuk Zenith, Sopir Mengamuk di tempat Biliar

Metro Palangka Raya

Pasar Besar Membara, Sejumlah Kios Pedagang Diamuk Jago Merah

Metro Palangka Raya

Warga Jalan Menteng Diserang Tawon

Metro Palangka Raya

Dua Mobil Terlibat Tabrakan di Jembatan Tumbang Nusa, Dua Orang Kritis 

Metro Palangka Raya

Pelaku Penggelapan Mobil Rental Dibekuk Polisi di Jakarta
error: Content is protected !!