Home / Barito

Sabtu, 22 Agustus 2020 - 22:14 WIB

Kapolres Bartim Turun Langsung Datangi Titik Api

Tamiang Layang,KaltengEkspres.com – Kapolres Barito Timur (Bartim) AKBP Hafidh Susilo Herlambang S.I.K.,M.H turun langsung kelapangan untuk pengecekan dan memastikan titik hot spot di Wilayah hukum Polsek Awang atau tepatnya di Desa Apar Batu dan Desa Pianggu, Kecamatan Awang, Kabupaten Bartim, Sabtu (22/08/2020).

Setiba di lokasi titik Hotspot, Kapolres Barito Timur yang didampingi dua personel TNI, tiga personel Polsek Awang beserta 6 (enam) orang aparatur desa langsung melaksanakan pemadaman api yang sedang menyala, untuk menvegah terjadinya kebakaran yang lebih besar lagi.

Posisi lahan yang dibakar berada pada areal yang berbukit, dan niat pemilik lahan, dibuka untuk perkebunan karet dan menanam padi Gogo atau padi gunung.

Baca Juga :  Enaknya Menikmati Jalan Baru Hasil TMMD Kodim 1012/Buntok

Kapolres Barito Timur, AKBP Hafidh Susilo Herlambang S.I.K.,M.H mengatakan dugaan sementara bahwa lahan tersebut sengaja dibakar mengingat musim kemarau yang nantinya akan disiapkan sebagai lahan pertanian padi

“Ini jelas sengaja dibakar, karna ini terjadi di hari libur, kepada sipemilik ladang jika ada waktu senggang saya minta pemilik lahan datang kekantor dulu untuk dimintai keterangan terkait lahan miliknya yang terbakar karna kita tidak tau entah keluarganya yang menggarap tanah ini dan yang melakukan pembakaran, atau terbakar dan banyak kemungkinan lain,” ucap Kapolres Bartim.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan bahwa personil harus lebih meningkatkan sosialisasi terkait karhutla ,terutama kepada masyarakat agar mereka juga menerima edukasi namun dengan bahasa bahasa yang mudah di pahami.

Baca Juga :  Ada Pasien Positif Covid-19, Mura dan Barut Masuk Zona Merah?

“Tingkatkan sosialisasi apalagi ke masyarakat yang kurang pendidikan, sampaikan dengan kalimat-kalimat yang mudah masyarakat mengerti, yang penting dia paham tentang adanya larangan membakar hutan dan lahan,” jelasnya.

Masih dikatakan Kapolres, dirinya dalam kesempatan tersebut, juga mengingatkan warga agar senantiasa berhati hati dengan api karena dimasa kemarau ini sangat mudah terjadinya kebakaran.

“Himbauan ini agar kita bersama dapat mematuhinya, supaya dimasa pandemi covid-19 ini tidak menambah persoalan yang membebani kita semua,” tandasnya.( bin/rif).

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Semua publikasi berita yang diterbitkan media Kalteng Ekspres.com, merupakan tanggung jawab penanggung jawab redaksi.

Share :

Baca Juga

Barito

Waspada, Aksi Penipuan Catut Nama Kasatreskrim Barsel

Barito

Kegiatan TMMD 109 Sangat Dirasakan Manfaatnya Oleh Warga

Barito

Bejat, Kakek Berusia 62 Tahun Cabuli Anak Dibawah Umur

Barito

Dua Komplotan Pelaku Curanmor Digulung Polisi

Barito

BIN dan Pemkab Barsel Launching  Vaksinasi Anak

Barito

Bupati Barsel Irup HAB Kemenag Ke 74

Barito

Dua Pencuri Sarang Walet Diringkus Polisi

Barito

Datangkan Runner Up Putri Indonesia Kalteng, Pelatihan Layanan Prima Polres Barsel Diikuti Antusias