Home / DPRD Provinsi Kalteng

Senin, 6 Juli 2020 - 14:18 WIB

Komisi III Dorong Pembangunan Jaringan Internet Berbasis Satelit Melalui ADD

Duwel Rawing

Duwel Rawing

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Jaringan internet saat ini tidak dipungkiri lagi sudah menjadi suatu kebutuhan dasar masyarakat, khususnya dalam bidang administrasi, pemerintahan dan pendidikan pada era digital 4.0.

Ketua Komisi III DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Duwel Rawing mengatakan, bahwa ditengah pandemi Covid-19 saat ini, kegiatan pembelajaran perlu adanya adaptasi dalam penggunaan jaringan internet.

“Ditengah pandemi ini, kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah-sekolah, dituntut untuk beradaptasi dengan penggunaan internet dalam pelaksanaannya. Sebab memang berbagai informasi berbasis pendidikan sekarang bisa diakses melalui internet. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk membangun jaringan internet hingga ke pelosok desa di seluruh wilayah,” kata Duwel Rawing, Senin (6/7/2020).

Baca Juga :  Bangunan Kantor Camat Kotawaringin Lama Perlu Perhatian Pemerintah Provinsi

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini di sejumlah daerah terutama di pelosok Kalteng, masih banyak terdapat daerah yang belum tersentuh jaringan internet. Untuk itu, dirinya berharap agar masyarakat bisa membangun jaringan internet berbasis satelit melalui Anggaran Dana Desa (ADD), disamping tetap mengajukan bantuan pembangunan akses jaringan kepada pihak pemerintah daerah.

“Ada beberapa wilayah yang sudah mendirikan akses jaringan internet berbasis satelit melalui ADD. Ini bisa menjadi contoh bagi desa lain yang sudah mengajukan bantuan kepada pemerintah, namun belum terealisasi,” tegas Duwel.

Baca Juga :  Waspada! Ada Oknum di Medsos Catut Nama Anggota Dewan

Meskipun biaya akses internet berbasis satelit dapat dikatakan cukup mahal, khususnya dalam segi pembayaran berkala, namun hal tersebut sangat berdampak positif bagi masyarakat. Mengingat kemudahan akses yang didapat dalam mengelola maupun mendapatkan informasi secara global.

“Memang biayanya terbilang cukup mahal. Namun, yang kita lihat disini adalah sisi positifnya, karena dengan adanya akses internet, tentu dapat membuka keterisolasian informasi dan mempermudah urusan administrasi, serta dapat menunjang KBM khususnya ditengah pandemi saat ini,” ucapnya. (Ra)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Terima LKPj Gubernur Kalteng Tahun 2022

DPRD Provinsi Kalteng

Gali PAD, Maksimalkan Peran BUMD

DPRD Provinsi Kalteng

Muhajirin : Pilkada Harus Tetap Berlangsung

DPRD Provinsi Kalteng

Anak Putus Sekolah Perlu Perhatian Pemerintah

DPRD Provinsi Kalteng

7 Fraksi Menerima Pidato Pengantar LPj Gubernur

DPRD Provinsi Kalteng

Pastikan Bantuan Pendidikan Tepat Sasaran

DPRD Provinsi Kalteng

DPRD Kalteng Koordinasi Program ke Kementerian Desa

DPRD Provinsi Kalteng

Fraksi Diminta Beri Masukan Perubahan Tatib