Home / Pemkab Katingan

Selasa, 23 Juni 2020 - 19:30 WIB

Satpol-PP Tertibkan Baliho dan Spanduk Merusak Pemandangan

Satpol-PP tertibkan baliho, spanduk dan reklame merusak pemandangan. Foto : MI

Satpol-PP tertibkan baliho, spanduk dan reklame merusak pemandangan. Foto : MI

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Katingan, pada hari Selasa ( 23/6/2020) melakukan kegiatan penertiban baliho, spanduk di sudut Kota Kasongan, yang sudah lusuh dan kadaluarsa.

“Hari ini kita tertibkan spanduk, baliho dan reklame yang sudah kadaluarsa,” kata  Kasat Pol-PP, Pimanto, melalui Kasubbid PPNS dan Penegakan Perda Budiman L. Gaol, kepada KaltengEkspres.com melalui Whats App, Selasa (23/6/2020).

Dijelaskannya, kegiatan pembersiham baliho, spanduk dan reklame ini dilakukan pihaknya di ruas jalan Tjilik Riwut, Soekarno Hatta dan Jalan Katunen.

“Penertiban baliho, spanduk dan reklame ini, karena sudah kadaluarsa dan tak berijin, maka dilakukan pembongkaran,” sebutnya.

Baca Juga :  Cegah Kerusakan Jalan, Bupati Berharap Masyarakat Tertib Lalin 

Kemudian, disebutkannya, Satpol -PP bidang penegakan perda juga, mendata reklame, baleho besar dan kecil yang tidak berijin. Dimana Retribusi pajak reklame belum dibayar si pimilik usaha, baik perorangan, maupun badan usaha ke kas daerah.

Hal ini sesuai dengan UU 23 Tahun 2014 tentang Otonomi Daerah, PP 16 Tahun 2018 tentang Satuan Polisi Pamong Praja dan Perda 03 tahun 2020 tentang Pajak retribusi Reklame.

“Sebelum dilakukan pembongkaran dan dilakukan eksekusi, maka pemilik reklame dihimbau secara lisan persuasif dan humanis apa bila tak diindahkan maka terpaksa dilakukan pembongkaran,” ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Dukung Sosialisasi Kekayaan Intelektual

Sedangkan baleho, spanduk dan reklame yang kadaluarsa masa pemasangan, dilakukan identifikasi dan untuk sementara disita dan diamankan di Markas Satpol PP Kabupaten Katingan. Kegiatan penertiban ini bertujuan memberikan sok terapi dan peringatan  kepada pemilik usaha bidang  reklame  agar membayar kewajiban Retribusi Pajak guna peningkatan  Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan.

“Sementara dari sisi estetika kota  supaya terlihat indah dan rapi serta tidak kumuh. Kota Kasongan yang nota bene sebagai Ibukota Kabupaten Katingan, maka dilakukan penertiban dan penataan pemasangan reklame,” ujarnya. (MI)

Share :

Baca Juga

Pemkab Katingan

Wabup Katingan Ajak Semua Pihak Evaluasi Diri 

Pemkab Katingan

Satgas Katingan Semprot Cairan Disinfektan

Pemkab Katingan

Ternyata Ini yang Disosialisasikan Anggota DPR-RI ke Katingan

Pemkab Katingan

Kelurahan Samba Kahayan Fokus Kegiatan TPS 3R

Pemkab Katingan

Bupati Minta Kades Awasi ASN di Desa Masing-masing

Pemkab Katingan

Mantan Bupati Katingan Minta Organisasi Dayak Perangi Narkoba

Pemkab Katingan

Katingan Miliki Lab Lingkungan Terakreditasi Satu-satunya Kalteng

Pemkab Katingan

Bupati Katingan Tinjau Pelaksanaan Tes CPNS
error: Content is protected !!