Home / Kobar / Pemkab Kobar

Sabtu, 6 Juni 2020 - 16:04 WIB

Ratusan Warga Kobar Dirapid Test

Sejumlah warga pedagang yang hadir mengikuti rapid test Sabtu (6/6).

Sejumlah warga pedagang yang hadir mengikuti rapid test Sabtu (6/6).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Tim Gugus Tugas Covid-19 Kotawaringin Barat (Kobar) bekerjasama dengan Gugus Tugas Kalteng menggelar rapid test massal terhadap warga Kabupaten Kobar di Pasar Indrasari Kelurahan Baru, Kabupaten Kobar, Sabtu (6/6/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan Bupati Kobar Hj Nurhidayah, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedy Prasetyo, Danrem dan Kajati Kalteng, serta unsur FKPD Pemprov Kalteng sertaa Pemkab Kobar.

Dari sejak pukul 07.00 WIB, sampai dengan sore hari, baru sekitar ratusan pedagang yang bersedia datang mengikuti rapid test. Sementara sisanya belum bersedia hadir.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kobar Achmad Rois sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kobar mengatakan, kegiatan rapid test massal ini untuk mendeteksi penyebaran Covid-19 baik di kalangan pedagang maupun warga Kobar. Karena penyebaran virus berbahaya tersebut di Kobar sudah sangat mengkwatirkan, lantaran kini sudah ditularkan melalui transmisi lokal.

Baca Juga :  Seruduk Belakang Motor, Pengendara Vario Tewas di tempat

“Perlu diketahui bahwa kegiatan rapid test ini diikuti oleh pedagang pasar di Pangkalan Bun, Kumai dan Pangkalan Banteng, serta warga Kobar.  Nantinya, jika ada pedagang yang tidak datang tetap dilakukan rapid test oleh petugas, karena waktu pelaksanaanya dua hari, selain itu data pedagang sudah ada dengan tim gugus tugas,”ungkap Rois kepada awak media, Sabtu (6/6).

Baca Juga :  Pemprov Kalteng Bakal Kucurkan Rp 25 Miliar Untuk Pembangunan WFC Kobar

Sementara itu Kepala Dinkes Kalteng Suyuti Syamsul mengatakan, pada pelaksanaan rapid test di Kobar ini, pihaknya telah menyiapkan sekitar 2.000 alat rapid test. Sasarannya, para pedagang dan warga Kobar yang potensi terlibat kontak dengan pasien positif sebelumnya.

“Kegiatan rapid test massal ini dilaksanakan di tiga daerah, yakni Kabupaten Kapuas, Kotim dan Kobar. Karena ditiga kabupaten ini paling banyak kasus Covid -19,”ungkapnya.

Ia menyayangkan banyak pedagang yang tidak bersedia mengikuti rapid test.  Bahkan sebagian memilih untuk tutup tidak membuka lapaknya karena mereka takut dirapid test. (wir)

Share :

Baca Juga

Kobar

Karyawan PT. Korindo Divonis 6 Bulan Penjara

Pemkab Kobar

Bupati Serahkan Petikan Keputusan Pengangkatan 162 CPNS

Kobar

Apes…Pesta Sabu, Tiga Warga Kumai Terciduk

Kobar

Mulai 15 Februari, Sekolah Boleh Menggelar PBM

DPRD Provinsi Kalteng

Rombongan Anggota DPRD Kalteng Dapil III Reses di Kobar

Kobar

Jual Miras, Wanita Paruh Baya Didicuk Satpol PP Kobar

Pemkab Kobar

Pemkab Kobar Bentuk Tim Yustisi Pungutan Pajak Galian C

Kobar

Nyambi Jualan Sabu, Juru Parkir Diringkus Polisi