Home / DPRD Provinsi Kalteng

Selasa, 23 Juni 2020 - 19:13 WIB

Petani Katingan Kuala Harapkan Adanya Pupuk Bersubsidi

Wakil rakyat Dapil I yang meliputi Kabupaten Gunung Mas, Katingan, dan Kota Palangka Raya, Andina Theresia Narang. Foto : Ra

Wakil rakyat Dapil I yang meliputi Kabupaten Gunung Mas, Katingan, dan Kota Palangka Raya, Andina Theresia Narang. Foto : Ra

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Para petani di Desa Jaya Makmur, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan sangat mengharapkan adanya bantuan pupuk bersubsidi dari pemerintah.

Hal tersebut diungkapkan oleh wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) I, yang meliputi Kabupaten Gunung Mas, Katingan, dan Kota Palangka Raya, Andina Theresia Narang, saat melakukan reses beberapa waktu yang lalu.

Dikatakannya, luasan hamparan padi di wilayah Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan, mencapai 1.000 hektare lebih, bahkan wilayah setempat menjadi kawasan pengembangan pertanian yang cukup potensial. Namun ironisnya, ketika musim tanam tiba, para petani kerap menanam tanpa adanya pemberian pupuk.

Baca Juga :  DPRD Kalteng Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK RI

“Sayangnya para petani disana itu tidak mendapatkan bantuan pupuk. Sementara padi terus tumbuh. Ya wajarlah kalau mereka mengusulkan adanya bantuan pupuk bersubsidi dari pemerintah,” kata Andina Theresia Narang, Selasa (23/6/2020).

Lebih lanjut dijelaskan, sebelumnya, para petani di wilayah setempat telah mencoba berbagai upaya untuk menanam padi tanpa menggunakan pupuk, namun hal tersebut berdampak pada hasil panen yang tidak optimal. Sehingga para petani berinisiatif untuk mengumpulkan sejumlah uang melalui ketua kelompok tani yang digunakan untuk membeli pupuk.  Namun dengan keterbatasan dana yang ada, pupuk yang didapat pun tidak bisa mencukupi kebutuhan para petani setempat.

Baca Juga :  Pemekaran Wilayah Dorong Percepatan Pembangunan

“Saya pikir, ini perlu adanya perhatian dari pemerintah ya terkait pengadaan pupuk bersubsidi. Pasalnya ini sangat penting untuk tetap mendukung semangat para petani kita yang ada di daerah. Ini kan juga untuk mendukung terwujudnya perekonomian mandiri di pelosok daerah,” ucapnya. (Ra)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Daerah Perlu Kembangkan Potensi Pertanian

DPRD Provinsi Kalteng

Perlu Kesiapan Transportasi Jelang Nataru

DPRD Provinsi Kalteng

DPRD Kalteng Gelar Rapat Paripurna, Ini Agenda Yang Dibahas

DPRD Provinsi Kalteng

Pajak Air Permukaan Kurang Sosialisasi

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Jadwalkan RDP dengan Dishut Sikapi Persoalan PT NAP

DPRD Provinsi Kalteng

Fraksi PKB DPRD Kalteng Bagikan 1.000 Paket Sembako

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Dorong Perbaikan Jalan Buntok-Kalahien

DPRD Provinsi Kalteng

Pemprov Kalteng Diminta Perbaiki Ruas Jalan Rusak