Home / Metro Palangka Raya

Jumat, 12 Juni 2020 - 14:40 WIB

Pembeli Kartu Perdana Sudah Teregistrasi Rawan Terjerat Pidana

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo saat memperlihatkan barbuk aksi kejahatan ITE memperjual belikan kartu perdana yang telah terdaftar Jumat (12/6).

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo saat memperlihatkan barbuk aksi kejahatan ITE memperjual belikan kartu perdana yang telah terdaftar Jumat (12/6).

PALANGKA RAYA,KaltengEkspres.com – Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs Dedi Prasetyo mengimbau kepada masyarakat agar tidak membeli kartu perdana yang sudah teregistrasi (terdaftar) duluan oleh penjualnya. Pasalnya, pembeli kartu tersebut rawan terjerat tindak pidana, karena bisa saja kartu yang didaftar tersebut NIK dan KK nya milik para sindikat pelaku kejahatan.

Seperti yang terjadi saat anggota Ditreskrimsus Polda Kalteng membongkar sindikat para pelaku kejahatan penjual kartu perdana yang telah diregistrasi  dengan cara menggunakan NIK dan KK orang lain. Mereka ditangkap oleh tim Siber Subdit V Polda Kalteng.

Baca Juga :  Geger..Mayat Tanpa Celana Ditemukan Mengapung di Parit

“Biasanya kebanyakan masyarakat tidak mau ribet, tetapi alangkah baiknya melakukan pendaftaran kartu perdana wajib menggunakan NIK dan KK milik kita sendiri. Kalau kita pakai punya sendiri penggunaan pasti aman dan bisa dipertanggung jawabkan. Tapi kalau punya orang lain rawan, karena bisa saja NIK dan KK itu milik para pelaku kejahatan,”ungkap Kapolda saat konferensi pers Jumat (12/6/2020).

Baca Juga :  Polisi Kantongi Oknum Pelaku Pembantai Orangutan di Seruyan

Jendral bintang dua ini menjelaskan,  bahwa pembelian kartu perdana yang sudah diregistrasi, sangat rawan karena data yang didaftar itu tidak diketahui pembelinya. Sehingga bisa saja data yang digunakan penjual untuk mendaftar orang yang bermasalah dengan hukum dan nanti akan ada konsekuensinya juga bagi pembelinya tersangkut masalah hukum.

“Untuk itu maka kami ingatkan masyarakat agar pendaftaran harus dan wajib menggunakan data NIK dan KK diri masing-masing,”tegas Kapolda. (am)

Share :

Baca Juga

Metro Palangka Raya

Pria Gangguan Jiwa Aniaya Saudaranya dengan Palu

DPRD Kota

Masyarakat Diminta Turut Berperan Perangi Hoaks

Hukum Kriminal

Akibat Mabuk Miras, Seorang Pria Tertidur di Pinggir Jalan

Metro Palangka Raya

Aksi Pencurian Aki Truk Resahkan Warga Palangka Raya 

DPRD Kota

Tingkatkan Sosialisasi Pemilih Pemula

DPRD Kota

Dewan Dorong Pemko Maksimalkan Pembangunan Sektor Pertanian

Metro Palangka Raya

Anggota Polisi Dirazia Sipropam Polres Palangka Raya

Metro Palangka Raya

Berusaha Kabur, Pelaku Curat Didor Polisi 
error: Content is protected !!