Home / DPRD Provinsi Kalteng

Selasa, 2 Juni 2020 - 12:45 WIB

Masyarakat Harapkan Adanya Solusi Dalam Membuka Lahan

Anggota DPRD Kalteng Lohing Simon. Foto : Ra

Anggota DPRD Kalteng Lohing Simon. Foto : Ra

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Masih diberlakukannya larangan membakar ladang oleh pemerintah, menjadi polemik bagi sejumlah masyarakat yang berprofesi sebagai peladang. Pasalnya, hingga saat ini, pemerintah belum memberikan solusi bagi para peladang untuk membuka lahan.

Hal tersebut diungkapkan oleh wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) I DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) yang meliputi Kabupaten Gunung Mas, Katingan, dan Kota Palangka Raya, Lohing Simon pada saat menggelar reses beberapa waktu yang lalu.

Dikatakan, selama ini masyarakat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara berladang. Untuk itu, para peladang sangat mengharapkan pemerintah dapat segera menyelesaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Sehingga hal tersebut dapat menjadi payung hukum bagi para peladang untuk membuka lahan.

Baca Juga :  Warga Keluhkan Jauhnya Kantor Pemerintah dari Pemukiman¬†

“Masyarakat peladang sangat mengharapkan adanya solusi cepat dari pemerintah terkait payung hukum untuk mereka membuka ladang. Karena kan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, mereka bergantung pada hasil ladang,” kata Lohing Simon, Selasa (2/6/2020).

Baca Juga :  DPRD Apresiasi Kinerja Wakil Gubernur Kalteng

Lebih lanjut dijelaskan, jika nantinya pemerintah tetap melarang masyarakat membuka ladang dengan cara membakar. Pemerintah harus memberikan solusi lain, seperti bantuan modal usaha bagi masyarakat peladang untuk beralih mata pencaharian. Sehingga kesejahteraan masyarakat dapat tetap terpenuhi.

“Jika nantinya mereka itu tetap dilarang untuk membakar lahan, harus ada solusi lain dari pemerintah bagi mereka. Sehingga mereka tidak kehilangan mata pencaharian dan dapat tetap memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari,” ucapnya. (Ra)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Sosialisasi Bahaya Narkoba Harus Lebih Gencar

DPRD Provinsi Kalteng

Masyarakat Desa Kalanaman Harapkan Adanya Ketersediaan Jaringan Listrik

DPRD Provinsi Kalteng

Pembangunan Rumah Sakit Tipe A Perlu Pertimbangan Khusus

DPRD Provinsi Kalteng

Tokoh Masyarakat Pertanyakan Penggunaan Anggaran Covid-19 ke Pansus DPRD Kalteng

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Apresiasi Berdirinya Wisata Buatan

DPRD Provinsi Kalteng

Petani Katingan Kuala Harapkan Adanya Pupuk Bersubsidi

DPRD Provinsi Kalteng

Komisi III Dorong Pembangunan Jaringan Internet Berbasis Satelit Melalui ADD

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Sayangkan Pemprov Mangkir dari Rapat Pembahasan Raperda