Home / Lamandau

Jumat, 12 Juni 2020 - 16:27 WIB

Dua Pelaku Curat Rumah Kosong Divonis 3 Tahun Penjara

Dua terdakwa seusai menjalani sidang vonis di PN Nanga Bulik Rabu lalu.

Dua terdakwa seusai menjalani sidang vonis di PN Nanga Bulik Rabu lalu.

NANGA BULIK, KaltengEkspres.com – Dua pencuri spesialis pencurian di rumah kosong, bernama Hamdi dan Ahmad Ainani hanya bisa tertunduk pasrah saat Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Nanga Bulik menjatuhkan vonis 3 tahun penjara Rabu (10/6) lalu.

Jaksa Penuntut Umum, Novryantino Jati Vahlevi menjelaskan, modus para terdakwa melakukan pencurian yakni dengan berpura-pura berjualan batu akik.

Mereka kemudian mencari rumah yang dijadikan sasaran kemudian ditawarkan batu akik. Saat rumah tersebut kosong, dua terdakwa masuk dengan paksa dengan cara mencongkel pintu atau jendela rumah dan menggasak benda-benda berharga di rumah korbanya.

Baca Juga :  Empat Perwira Polres Lamandau MutasiĀ 

Barang-barang yang berhasil dicuri diantaranya seperti laptop, handphone, BPKB, uang hingga perhiasan.

“Para terdakwa ini merupakan spesialis pembobol rumah kosong yang ditinggal penghuninya. Bahkan pencurian lebih banyak dilakukan di pagi hari, saat penghuni pergi bekerja dan rumah dalam keadaan kosong,” ungkapnya.

Keduanya mempunyai peran berbeda. Peran terdakwa Hamdi adalah melakukan pencongkelan atau perusakan pintu, mengambil barang-barang yang ada di rumah, melakukan pengawasan dari dalam rumah.

Sedangkan peran terdakwa Ahmad Ainani adalah mengendarai motor untuk menunjukkan jalan target rumah yang akan dilakukan pencurian, membantu melakukan pencongkelan/ pengrusakan pintu jendela rumah dan mengambil barang-barang yang ada di dalam rumah.

Baca Juga :  Wagub Kalteng Sapa Warga Belantikan Raya

“Mereka ini sepakat untuk melakukan pencurian bersama-sama ketika bertemu di Banjarmasin dengan pembagian sama rata antara terdakwa Hamdi dan Ahmad Ainani ketika barang hasil curian berhasil dijual,”tandasnya. (cho)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Semua publikasi berita yang diterbitkan media Kalteng Ekspres.com, merupakan tanggung jawab penanggung jawab redaksi.

Share :

Baca Juga

Daerah

Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Lamandau Naik 4,01 Persen

Daerah

Dishub Survei dan Inventarisasi Perlengkapan Jalan

Lamandau

Jalan Sehat HUT Golkar Berhadiah Paket Umrah

Lamandau

Banjir Lamandau Meluas, Sudah 6 Desa Terendam

Daerah

Skor Integritas Lamandau Tertinggi Se-Kalteng

Daerah

Perjuangan Kartini Patut Dijadikan Motivasi

Lamandau

Cegah Sejak Dini, Kasatnarkoba Sosialisasi Bahaya Narkoba ke Murid SD

Daerah

Pasar Ramadan Bangkitkan UMKM Lokal