Home / DPRD Provinsi Kalteng

Senin, 8 Juni 2020 - 12:47 WIB

Dewan Harapkan Adanya Akurasi Data Penerima Bansos

Ketua Komisi I DPRD Kalteng Yohannes Freddy Ering

Ketua Komisi I DPRD Kalteng Yohannes Freddy Ering

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) saat ini terkendala akibat tidak akuratnya data penerima. Bantuan sosial yang seharusnya diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu yang terdampak. Namun dalam pelaksanaannya, masih terdapat masyarakat mampu yang masuk dalam daftar penerima bantuan sosial tersebut.

Untuk itu, Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Yohannes Freddy Ering, menyarankan kepada pemerintah agar dapat memberikan tanda khusus, seperti mengecat bagian depan rumah warga dengan warna tertentu. Dirinya mencontohkan, warna merah dikhususkan untuk penerima bansos dari pemerintah pusat, biru pemerintah provinsi, kuning pemerintah Kabupaten/Kota.

Baca Juga :  Masyarakat DAS Barito Harapkan Peningkatan Infrastruktur

“Saya pikir konsep seperti itu dapat memudahkan petugas untuk melakukan pengawasan penerima bantuan sosial. Sehingga jika nantinya ada masyarakat mampu yang masuk dalam daftar penerima bantuan, akan merasa malu ketika di depan rumahnya diberi tanda khusus,” kata Yohannes Freddy Ering, Senin (8/6/2020).

Lebih lanjut dijelaskan. Akurasi data sangat penting untuk di evaluasi, pasalnya hingga saat ini, masih terdapat masyarakat kurang mampu yang belum terdaftar sebagai penerima bansos. Selain itu, dirinya juga mengharapkan kepada masyarakat mampu yang terdaftar atau yang telah menerima bansos, agar dapat secara sukarela mengembalikan bantuan tersebut kepada pemerintah.

Baca Juga :  Dewan Apresiasi Kepatuhan Warga Terhadap PPKM Mikro

“Kami berharap kepada mereka yang sebenarnya mampu namun terdaftar atau telah menerima bantuan sosial, agar dapat secara sukarela, secara ikhlas mengembalikan bantuan tersebut kepada pemerintah. Karena kan masih ada masyarakat lain yang lebih membutuhkan yang berhak mendapatkan bantuan sosial tersebut.” ucapnya. (Ra)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Perubahan Tatib Menyesuaikan BK dan Bapemperda

DPRD Provinsi Kalteng

Optimalkan Wisata Kuliner dan Susur Sungai

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Susun Rekomendasi LHP BPK

DPRD Provinsi Kalteng

Komisi I dan II DPRD Kalteng Bakal Tinjau Lokasi Sengketa Lahan Kinipan  

DPRD Provinsi Kalteng

Perusahaan Diimbau Bantu Korban Banjir

DPRD Provinsi Kalteng

Pelaku Usaha Rumahan Perlu Diberikan Pembinaan

DPRD Provinsi Kalteng

UMKM Daerah Perlu Didukung Permodalan

DPRD Provinsi Kalteng

Pemekaran Kotawaringin Raya Perlu Adanya Kajian
error: Content is protected !!