Home / DPRD Barito Selatan

Jumat, 15 Mei 2020 - 18:38 WIB

DPRD Barsel Minta Seluruh Warga Kurang  Mampu Diakomodir Bansos Covid-19

Buntok,Kalteng Ekspres.com – Ketua Panitia Khusus (Pansus) Covid-19 DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) , Hermanes SE  mengharapkan  agar semua warga setempat yang masuk dalam kategori kurang mampu, namun belum terdata sebagai penerima bantuan sosial (Bansos) terdampak Covid-19, agar diakomodir kembali.

“Wajib hukumnya agar semua warga Barsel yang belum masuk dalam kategori kurang mampu, namun belum terdata sebagai penerima bantuan sosial (Bansos) terdampak Covid-19 diakomodir kembali,” kata Hernanes kepada Kalteng Ekspres.com usai pelaksaan rapat Jum’at (15/5/2020).

Ia membeberkan, berdasarkan hasil rapat kerja yang dilaksanakan oleh Pansus Covid-19 DPRD Barsel bersama dengan sekretariat bersama (Sekber) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Barsel, yakni Dinsos PMDes, Disnakertrans, Disporaparbud dan Diperindagkop dan UMKM Barsel, Jumat (15/5/2020), disepakati bahwa bansos dampak Sars Cov 2 itu harus benar-benar sampai kepada warga yang membutuhkan.

“Kesimpulan rapat kita hari ini, salah satunya, bantuan harus sampai kepada masyarakat yang miskin,” katanya.

Dijelaskan Politisi PDIP Barsel ini, meskipun berdasarkan data yang disampaikan oleh Sekber GTPPC-19 Barsel, bahwa saat ini ada sekitar 10.685 Kepala Keluarga yang sudah terdaftar sebagai penerima bantuan, namun menurutnya itu tidak boleh menutup kemungkinan penambahan data penerima baru, apabilamemang ada warga yang benar-benar membutuhkan namun luput dari pendataan, maka harus tetap diakomodir oleh pemerintah, agar bisa segera dimasukkan kedalam data penerima bansos dampak Covid-19.

Baca Juga :  DPRD Soroti Vaksinasi Corona Di Barsel Yang Terancam Kadaluarsa

“Walaupun ada data dari eksekutif tadi, bahwa sudah ada 10.685 KK data penerima Bansos, tapi dalam rapat tadi, kami tegaskan bahwa masih bisa diberikan kesempatan kepada masyarakat yang benar-benar tidak mampu, yang belum terdata,” jelasnya.

Namun, tambahnya agar tidak terjadi penyimpangan sasaran dan muncul adanya dugaan penyelewengan dana, maka para warga yang nantinya akan dimasukkan kedalam data calon penerima Bansos, wajib. mengantongi surat keterangan dari Kepala Desa atau Ketua RT setempat.

“Saat rapat tadi saya ngotot, bahwa di Dusun Selatan ini masih banyak warga tidak mampu tapi tidak terdaftar sebagai penerima Bansos. Bagi warga yang belum terdaftar dan tidak mampu, nanti dia lapor ke RT untuk minta keterangan, bahwa atas nama ini, dia benar-benar tidak mampu,” tekannya.

Baca Juga :  DPRD Barsel Harapkan Pembayaran TPP Sebelum Jabatan Bupati Berakhir

Sambung Manes, karena penyaluran Bansos baik itu Bantuan Non Tunai (BNT) ataupun Bantuan Langsung Tunai (BLT) dilakukan secara bertahap, maka ia berharap agar masyarakat bisa bersabar.

“Hari ini ada pendistribusian (bantuan) di (Kecamatan) Dusun Selatan tahap pertama, nanti jam satu dibagikan. Tapi bagi masyarakat yang belum menerima, tapi sudah tedaftar, tunggu (penyaluran) tahap berikutnya,” katanya.

Adapun terkait waktu pelaksanaan pendistribusian bantuan sendiri, berdasarkan keterangan dari eksekutif, akan dilaksanakan sampai akhir bulan Mei 2020.

“Yang jelas pendistribusian akan terus  dilakukan sampai bulan Mei mendatang,” katanya.

Sementara itu, menyangkut jumlah anggaran yang disediakan untuk menangani dampak Covid-19 sendiri, dikatakannya saat ini pemerintah menyediakan dana sebesar Rp 32 miliar lebih, yang diproyeksikan untuk memenuhi kebutuhan selama tiga bulan kedepan.

“Adapun dana untuk tahap pertama tiga bulan pertama disediakan sekitar Rp 32 miliar lebih, sementara untuk tahap kedua. sambil melihat perkembangan, mudah-mudahan Covid-19 ini berkahir pada bulan Mei ini,” tandasnya. (rif).

Share :

Baca Juga

DPRD Barito Selatan

Bulan Ini, DPRD Barsel Fokus Pembahasan APBD 2022

DPRD Barito Selatan

Anggota DPRD Barsel ini Minta Literasi Digital Perlu Ditanamkan Kepada Generasi Muda

DPRD Barito Selatan

DPRD Minta Masyarakat Sukseskan MTQ Tingkat Provinsi di Barsel

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Usulkan Pedagang Pasar Pagi di Pindah ke Pasar Jelapat

DPRD Barito Selatan

Pemkab Barsel Disarankan Lakukan Kajian Bencana Alam

DPRD Barito Selatan

Dewanb Barsel Imbau Pemudik Gunakan Angkutan Resmi

DPRD Barito Selatan

Dewan Barsel Minta Perusahaan Wajib Salurkan CSR

DPRD Barito Selatan

Dewan Minta Masyarakat Jaga Aset Daerah