Home / DPRD Seruyan

Senin, 11 Mei 2020 - 18:42 WIB

Dewan Tanggapi Larangan Membakar Lahan Berdampak Terhadap Ketahanan Pangan

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Bambang Yantoko. Foto : Ro

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Bambang Yantoko. Foto : Ro

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspress.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Bambang Yantoko menyebutkan jika larangan membakar lahan nampaknya masih menjadi perhatian serius dan berdampak terhadap masyarakat khususnya para petani yang ada di Kabupaten Seruyan.

Bambang mengatakan, dampak dari larangan membuka lahan dengan cara membakar sangat terasa sekali di masyarakat, khususnya untuk ketahanan pangan saat ini. Apalagi saat pandemi Covid-19 saat ini.

Menurutnya, zaman dahulu masyarakat yang ada di Kabupaten Seruyan masih bisa mempertahankan ketahanan pangan dan tidak akan terlalu pusing misalkan ada suatu hal yang tejadi misalnya saja seperti pandemi virus korona atau Covid-19.

Baca Juga :  DPRD Seruyan Minta Program TORA Dimaksimalkan

“Kalau kita dulu itu tidak akan terlalu kesulitan terhadap pangan khususnya untuk padi, karena hasil produksinya sangat melimpah sekali. Akan tetapi saat ini dampak dari larangan membakar lahan membuat sebagian besar petani tidak bisa menggarap lahannya,” katanya di Kuala Pembuang, Senin (11/05/2020).

Baca Juga :  Perlu Penambahan PLTMH di Desa Pelosok

Mengenai hal tersebut, hampir sekitar 80 persen masyarakat khususnya yang berada di Daerah Pemilihan (Dapil) II dan III sangat bergantung terhadap pasokan beras dari Pulau Jawa.

“Karena ini sangkut pautnya dengan isi perut masyarakat, kasihan mereka jika terus-terusan seperti ini, harus segera dicarikan solusi karena mereka sudah berulang kali menyampaikan keluhannya,” tandasnya. (Ro)

Share :

Baca Juga

DPRD Seruyan

Dewan Ajak Pemuda Seruyan Tekuni Wirausaha

DPRD Seruyan

Dewan Dukung Peningkatan SDM Perangkat Desa

DPRD Seruyan

Dewan Dukung Pemasangan CCTV di Kantor SOPD

DPRD Seruyan

Dukung Upaya Pemaksimalan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat

DPRD Seruyan

Pemkab Diminta Renovasi Pustu Desa Jahitan

DPRD Seruyan

Dewan Sarankan Draf Raperda RPJMD Dikoreksi

DPRD Seruyan

Dampak Banjir, Sejumlah Ruas Jalan di Dapil II Alami Kerusakan

DPRD Seruyan

Masyarakat Dapil III Usul Infrasruktur Jalan