Home / Pemkab Katingan

Kamis, 7 Mei 2020 - 20:13 WIB

Besok, Warga Dahian Tunggal Diambil Sampel Swab 

Petugas saat mengambil sampel menggunakan rafid test beberapa waktu lalu di Desa Dahian Tunggal.

Petugas saat mengambil sampel menggunakan rafid test beberapa waktu lalu di Desa Dahian Tunggal.

KASONGAN, KaltengEkspres.com– Sejumlah warga Desa Dahian Tunggal Kecamatan Pulau Malan Kabupaten Katingan, yang sebelumnya diketahui reaktif positif dari hasil Rapid Test akan diambil sampel swab oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Katingan. Kegiatan pengambilan sampel swab ini bakal dilaksanakan di Hotel Katingan, Jumat (8/5/2020) besok.

” Besok pagi kita akan mengambil swab warga Dahian Tunggal yang hasil rapid test sebelumnya reaktif positif  di Hotel Katingan,” kata Kepala Pelaksana Ketua Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Katingan, Eka Suryadilaga via WhatsApp, Kamis (7/5/2020).

Menurut dia, warga Dahian Tunggal yang akan diambil sampel swab besok berjumlah sekitar 15-16 orang.  Sedangkan petugas yang mengambil sweb yakni tenaga kesehatan  dari Rumah Sakit Mas Amsyar (RSMA) Kasongan.

Baca Juga :  ASN Pemilik Gedung Walet Diingatkan Agar Bayar Pajak

Direktur RSMA Kasongan, dr Agnes Paulina, saat dikonfirmasi KaltengEkspres.com Kamis (7/5/2020), membenarkan, terkait pengambilan swab dilakukan pihak tenaga kesehatan RSMA terhadap warga desa Dahian Tunggal yang sebelumnya reaktif positif hasil RDT.

” Kalau alat swabnya masih cukup, guna mengabil cairan tenggorokan, ” kata dr.Agnes.

Dijelaskannya, terkait pengambilan swab besok, pihaknya menurunkan tenaga spesialis sebanyak 3 orang, analis laboratorium 1 orang dan 3 orang perawat, tenaga untuk desinfektan 1 orang, dan kabid pelayanan serta tenaga administrasi.

“Yang jelas kami tetap menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) level 3 saat melaksanakan tugas pengambilan swab ini,” sebutnya.

Baca Juga :  Polres Katingan Gagas Deklarasi Pemilu Damai 2024

Kemudian, selanjutnya, setelah diambil swab, akan dikirim ke Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng di Palangka Raya, dan selanjutnya dikirim oleh Dinkes Provinsi Kalteng ke Banjarbaru Kalsel.

” Kalau di RSDS, alat ready, reagen belum ready, sehingga belum ready untuk menerima dari kabupaten-Kabupaten di Kalteng,” jelasnya.

Senda juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Katingan, dr. Robertus Pamuryanto yang juga sebagai juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan covid -19 Kabupaten Katingan. Menurut dia, warga Desa Dahian Tunggal yang diambil sampelnya berjumlah sekitar 15 -16 orang.(MI)

Share :

Baca Juga

Katingan

KONI Katingan Salurkan 1.028 Paket Sembako kepada Warga

Pemkab Katingan

Bupati Katingan Buka Rakor Tim TP2DD dan ETPD

Pemkab Katingan

Bupati Lantik Pj Kades dan BPD Katingan Kuala

Pemkab Katingan

Satpol PP Katingan Sosialisasi Penertiban Kenakalan Pelajar

Pemkab Katingan

Hasil Tes CPNS Online Diumumkan Bulan Oktober Ini

Pemkab Katingan

Sakariyas Buka BBGRM Ke -20, Ini Pesannya

Pemkab Katingan

Bupati Sakariyas Lantik Pj Kades Keruing

Pemkab Katingan

Satpol PP Bidik Baliho dan Spanduk Caleg Tak Berizin