Home / Seruyan

Kamis, 16 April 2020 - 23:37 WIB

Tim Gugus Tugas Seruyan Periksa Kapal 

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com –  Tim Gugus Tugas Covid-19 Seruyan memperketat pengawasan masuknya semua kapal barang dan kapal penumpang dengan melakukan pemeriksaan baik terhadap kapten dan anak buah kapal (ABK) di pelabuhan Seruyan.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19 melalui wilayah perairan.

Pemeriksaan dilakukan bersama Tim gabungan yang terdiri dari, UPP Teluk Sigintung, KKP, Satpol PP, Dinkes, TNI AL, TNI AD, dan Kepolisian melakukan pemeriksaan kapal cumi yang bersandar di Pelabuhan KP3.

Kordinator Wilayah Kuala Pembuang, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Akhmad Akhyannur mengatakan, pemeriksaan dilakukan pada semua kapal yang bersandar disetiap pelabuhan yang berada di Kabupaten Seruyan.

Baca Juga :  DKPP Seruyan Dorong Petani Kembangkan Cabai

“Untuk pemeriksaan kita sudah punya SOP, jadi kapal begitu datang kita lakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen karantina, setelah itu kita akan screening, melihat faktor resiko apa yang berada di atas kapal yang bisa menyebabkan atau menimbulkan penyakit. Faktor resiko yang berpotensi menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat,” katanya Akhmad Akhyannur, Kamis (16/04/2020).

Selain dilakukan pemeriksaan, semua ABK akan diberikan kartu kewaspadaan atau HAC, selama ABK berada di wilayah Seruyan, mereka punya kewajiban untuk mengisolasi atau karantina mandiri.

Baca Juga :  Bolos Sekolah di Warnet, Tiga Pelajar Diciduk Satpol PP Seruyan

Tak hanya itu, selama isolasi mandiri semua ABK akan terus dipantau oleh tim dari Dinas Kesehatan, sebab menurut Akhmad Akhyannur hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai dari penularan Covid-19.

“Jadi hal-hal itu yang harus dipatuhi, kita terus memberikan edukasi, informasi, komunikasi tentang pencegahan penularan corona ini, kita terus mengawasi lalu lintas angkutan laut,” tandasnya.(ro)

Share :

Baca Juga

Seruyan

DKPP Serahkan 26 Unit Bantuan Alsintan ke Poktan Seruyan

Seruyan

Enam Kecamatan di Seruyan Kembangkan Bawang Merah

Seruyan

Raih Opini WTP Untuk Kali Pertama, Bupati Yulhaidir Inginkan Seruyan Lebih Maju

Seruyan

Sebelas Rumah Warga Hanau Diamuk Jago Merah

Seruyan

Pesta Miras, Dua Remaja Diciduk Satpol PP Seruyan

Seruyan

Dewan Dukung Aparat Kepolisian Terapkan Permenkes No.7/2018

Seruyan

Bahas UMK 2018, Pemkab Seruyan Undang Perusahaan

Seruyan

Pjs Bupati Tegaskan PBS di Seruyan Harus Pro Rakyat
error: Content is protected !!