Home / DPRD Barito Selatan

Selasa, 7 April 2020 - 12:15 WIB

DPRD Barsel Setujui Pergeseran Anggaran Untuk Penanganan COVID-19

Buntok,KaltengEkspres.com – DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menyetujui usulan pemerintah daerah setempat, terkait pergeseran sejumlah dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020, guna penanganan pandemi virus Corona (COVID-19).

Ketua DPRD Barsel Ir. HM. Farid Yusran MM, membenarkan bahwa pihaknya telah mengelar rapat secara daring dengan semua unsur pimpinan Badan Anggaran (Banggar), yakni Wakil Ketua I DPRD H. Moch Yusuf SE MM dan Wakil Ketua II DPRD Hj. Enung Irawati, untuk menyepakati dan menyetujui terkait adanya pergeseran anggaran tersebut.

“Iya, karena kondisi social dan physical distancing sehingga tidak memungkinkan rapat Banggar dan TAPD secara lengkap, sehingga diambil discresi pimpinan bertiga saja, rapat via whatsapp untuk mengambil keputusan persetujuan pergeseran anggaran tersebut,” kata Farid Yusran, melalui pesan whatsapp, kepada Kalteng Ekspres.com Senin (6/4/2020).

Ia berharap, denga pergeseran anggaran yang telah disetujui itu, bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk menangani dan mencegah penyebaran Covid-19 di Barsel.

Baca Juga :  Pansus LKPj Bupati Barsel Sampaikan Rekomendasi

“Kita berharap anggaran yang diusulkan itu cukup untuk penanganan covid-19 di Barsel,” pintanya.

Hal senada juga diutarakan Plt Sekretaris DPRD Barsel Ika Pudji Lestari, dimana total dana pergeseran pada DPA Dinas Kesehatan untuk penanganan covid-19 adalah sebesar Rp.1.307.845.000

Baca Juga :  Anggota DPRD Barsel Harapkan Sekolah Transparan Biaya PPDB

Adapun rincian pergeseran pada DPA Dinkes, yakni dana insentif daerah (DID) sebesar Rp.800.000.000, program baru khusus penanganan covid-19 sebesar Rp. 396.845.000 dan UKM sekunder/BOK Kabupaten bidang kesehatan sebesar Rp. 111.000.000.

“Sedangkan usulan pergeseran terkait objek belanja modal dana DAK masih ditangguhkan, karena peruntukannya bukan untuk penanganan covid-19 dan bersifat belum mendesak, serta memerlukan pembahasan dari seluruh anggota Banggar secara lengkap,” tandasnya. (rif).

Share :

Baca Juga

DPRD Barito Selatan

Dewan Barsel, Ajak Masyarakat Jaga Keamanan Jelang MTQ Tingkat Provinsi

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Minta TAPD Cermati Hitungan PAD dan SILPA

DPRD Barito Selatan

Farid Yusran Prihatin KLB Rabies di Barsel

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Minta Pemda Perhatikan Guru Honorer

DPRD Barito Selatan

Rusaknya Jalan Sukarno Hatta Menjadi Perhatian Serius Ketua DPRD Barsel

DPRD Barito Selatan

Sambut New Normal, DPRD Dorong Pemkab Barsel Beri Bantuan UMKM

DPRD Barito Selatan

Dewan Apresiasi Operasi Patuh Telabang 2021

DPRD Barito Selatan

PAW Wakil Ketua I DPRD Barsel Diumumkan Saat Paripurna