Home / Kobar

Jumat, 6 Maret 2020 - 15:06 WIB

Siaga Virus Corona, Pemkab Kobar Terbitkan Surat Edaran

Pangkalan Bun, KaltengEkspres.com – Mengingat perkembangan penyebaran dari Covid-19 semakin cepat, dan dilaporkan ada 2 WNI positif terpapar virus tersebut. Maka Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Pemkab Kobar) membuat surat edaran Bupati Kobar tentang kesiapsiagaan terhadap penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Jumat (6/3/2020).

Dalam edarannya yang ditanda tangani pada 3 Maret 2020, Bupati Kobar Hj Nurhidayah meminta perhatian, seluruh camat bersama puskesmas dan fasilitas kesehatan memantau penduduk di wilayah kerjanya, agar meningkatkan kewasapadaan terhadap terhadap penyebaran Covid-19, supaya aktif menyampaikan travel information bagi pendudukanya yang bekerja, menempuh pendidikan, bepergian atau datang dari wilayah terjangkit dan menyampaikan pada pihak terkait atau petugas kesehatan, fasilitas kesehatan untuk dapat ditindaklanjuti.

SOPD dan instansi terkait untuk dapat meningkatkan kordinasi dalam mencegah dan mendeteksi sedini mungkin penyebaran penyakit, dengan memperketat pengawasan dipintu masuk.

Baca Juga :  Kodim 1014 Pangkalan Bun Gelar Baksos dan Penghijauan

“Supaya lebih memperketat di pintu masuk ke wilayah Kobar, khususnya pelabuhan dan bandara,” kata Bupati Kobar dalam edarannya.

Serta melaporkan kepada Dinkes Kobar untuk dilakukan pemantauan status kesehatan terhadap orang yang mempunyai riwayat bepergian, atau datang dari wilayah terjangkit dalam 14 hari terakhir sejak kedatangan.

Kemudian, Rumah Sakit, Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan lainnya, supaya berkordinasi untuk melakukan perawatan dan rujukan sesuai standar, melaporkan dalam waktu 24 jam secara berjenjang, bila diketahui ada orang yang diduga terinveksi Covid-19.

Menyiapkan sarpras serta sumberdaya manusia dalam kesiapsiagaan apabila ditemukan kasus Covid-19, dan supaya menyebarkan informasi dan edukasi mengenai Covid-19 dan cara pencegahannya kepada masyarakat, baik melalui media cetak maupun media elektronik.

“Camat melalui kepala desa atau lurah, mengajak masyarakat untuk mencegah Covid-19 dengan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” lanjutnya.

Baca Juga :  Sudah Delapan Hari, Tiga Nelayan Mendawai Belum Ditemukan

PHBS dapat dilakukan sebagai berikut, rajin mencuci tangan pakai sabun, makan dengan gizi yang seimbang, rajin berolahraga dan istirahat yang cukup, jaga kebersihan lingkungan, tidak merokok, minum air mineral 8 gelas per hari, makan makan makanan yang dimasak dengan sempurna dan jangan makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan.

Bila deman dan sesak nafas, segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat, gunakan masker bila batul atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam, dan jangan lupa berdoa.

Apabila ditemukan kasus terindikasi Covid-19 dapat menghubungi nomor call center : 0821-5429-1155. (yusbob/hs)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Semua publikasi berita yang diterbitkan media Kalteng Ekspres.com, merupakan tanggung jawab penanggung jawab redaksi.

Share :

Baca Juga

Kobar

Tim Gabungan Pantau Arus Balik di Pelabuhan Kumai

Kobar

Simpan Sabu, Warga Mendawai Dibekuk Polisi

Kobar

Korban Banjir Kelurahan Raja Seberang Terima BantuanĀ 

Kobar

Warga Aruta Temukan Bunga Bangkai Setinggi 2 Meter

Kobar

Bupati Lounching Penanaman Kopi di Desa Penyombaan

Kobar

BNNK Kobar Gagalkan Penyelundupan Sabu Jaringan Antar Pulau

Kobar

Hari Pahlawan Diwarnai Ziarah Makam dan Tabur Bunga

Kobar

Terjaring Razia Gabungan, 22 Pengendara Ditilang